Peringati Earth Hour 2018, Komunitas Padma Yoga Yogyakarta Nyalakan Lilin Bersama

Peringati Earth Hour, sebagai bentuk keprihatinan akan tingginya beban daya konsumsi listrik dunia, komunitas Padma Yoga Yogyakarta menggelar aksi menyalakan lilin bersama.

Aksi spontanitas yang diikuti oleh beberapa perwakilan anggota komunitas Padma Yoga ini dilakukan di kawasan Gedung Graha Sabha Pramana, Sabtu, (24/03/2018) malam.

Mereka secara serentak, menyalakan lilin melingkar membentuk pola hati sebagai tanda cinta untuk bumi.

Koordinator dan juga Ketua Padma Yoga, Lies Sulistyowati, mengatakan, tingginya beban listrik yang terjadi di dunia membuat berbagai dampak negatif seperti efek pemanasan global.

Tidak hanya itu, akibat dari beban daya konsumsi listrik juga menyebabkan pemborosan dari sisi ekonomi.

“Sebagai bentuk keprihatinan, sudah sejak beberapa tahun lalu Padma Yoga selalu terlibat dalam aksi peringatan Earth Hour yang diperingati di dunia,” ujar Lies Sulistyowati, Sabtu (24/03/2018) malam.

Aksi yang dilakukan di seluruh dunia dengan mematikan listrik selama satu jam ini dianggap efektif untuk menekan tingkat konsumsi listrik dunia.

“Kami berharap aksi simbolis ini dilakukan oleh masyarakat secara rutin tidak hanya saat peringatan earth hour, tetapi juga selalu dilakukan sebagai upaya aksi peduli lingkungan. Kami memulai dari hal kecil dahulu yakni dari komunitas kami dan berharap kesadaran ini akan diikuti seluruh warga Yogya dan terus meluas,” ujar Lies.

Lies menambahkan, aksi-aksi peduli lingkungan dari komunitas Padma Yoga tidak hanya pada peringatan earth hour saja, tetapi banyak aksi yang dilakukan komunitas Padma Yoga kaitannya kepedulian terhadap lingkungan, diantaranya Hari Air, Hari Lingkungan Hidup dan hari peringatan lainnya.

“Kami berusaha memberikan kontribusi meski sekecil apapun dalam kegiatan-kegiatan yang membangun kesadaran menjaga lingkungan, kesehatan dan kepedulian sosial,” terang dia.

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti

Sumber: TRIBUN NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *