Aksi Komunitas Borneo Kenalkan Budaya Kalimantan di CFD Thamrin

Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat berolahraga. Selain itu, ada pula yang memanfaatkan sebagai tempat menunjukkan seni dan budaya dari daerah tertentu.

Seperti yang dilakukan oleh sebuah komunitas bernama Borneo, yang anggotanya berjumlah 7 orang. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Kalimantan. Mereka datang ke CFD dengan mengenakan baju khas dari berbagai daerah di Kalimantan.

Aksi komunitas Borneo ini banyak memikat warga yang hadir di CFD Bundaran HI. Warga asik berfoto bersama anggota komunitas yang mengenakan pakaian adat suku Dayak.

“Asli dari Kalimantan. Ada Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur. Kami sudah satu bulan di Jakarta bersama teman-teman,” kata Tedi salah satu anggota, yang baru satu bulan tinggal di Jakarta.

Saat datang ke CFD, Komunitas Borneo mengenakan pakaian adat beberapa daerah di Kalimantan. Pakaian yang dikenakan merupakan buatan tangan yang sudah dimodifikasi.

“Ini hasil modifikasi kita, ada pembuatannya nggak bisa diprediksi berapa lama,” lanjut dia.

Tedi menegaskan tujuan Komunitas Borneo memakai baju daerah dari Kalimantan adalah untuk memperkenalkan budaya, khususnya Dayak ke masyarakat luas.

“Kita berharap bisa mengenalkan budaya kita pasa masyarakat Jakarta khusunya,” ucap Tedi.

Sumber: KUMPARAN

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *