Merajut Literasi dan Sastra di KEREADTA 2018 Bersama Lokomotim

Setelah mengadakan #Kereadta pada tahun 2017, Lokomotim (Taman Baca Inovator, Indoreadgram dan Booktube Indonesia) kembali mengadakan #Kereadta pada tahun 2018 dengan beberapa pembaruan serta jumlah relawan yang lebih banyak. Ke(READ)ta merupakan gerakan membaca buku sekaligus ajakan untuk membaca di dalam kereta. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para penumpang lain agar memiliki kesadaran tentang pentingnya membaca.

Aksi “KEREADTA” ini akan berlangsung pada hari Minggu, 22 April 2018 bertepatan memperingati Hari Buku Sedunia. Aksi ini bertajuk “ketika kereta menjadi tempat yang menyenangkan untuk membaca!”. Bergerak dari Stasiun Jakarta Kota menuju Universitas Indonesia. Tidak sekedar membaca namun ratusan relawan literasi akan mengajak para penumpang KRL untuk ikut juga membaca buku di kereta sehingga lewat aktivitas membaca buku di kereta ini, kita bisa dapat memanfaatkan waktu dengan positif yaitu membaca dimana saja.

Gerakan ini tak hanya sampai di dalam kereta saja, untuk menyempurnakan gerakan ini dalam suatu praktik literasi, kami memfasilitasi relawan dengan membuka kelas Inspirasi secara gratis untuk relawan yang sudah terpilih melalui indorelawan.org. Kelas Inspirasi ini bertajuk “Merajut Sastra dan Literasi” bersama KeREADta. Berkumpul untuk berbagi ilmu yang ditemani pembicara keren dan berpengalaman.

1. Kelas Literasi bersama Nirwan Ahmad Arsuka, Abinaya Ghina Jameela dan Yona
Primadesi.
2. Kelas Fiksi bersama Andry Setiawan dan Lia Indra Andriana.
3. Kelas Blog bersama Afifah Mazaya.
4. Kelas Jurnalistik bersama Eko Suprihatno.
5. Kelas Puisi bersama Al-Muhtadi.

Dukungan juga hadir dari PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) yang akan menginformasikan pentingnya membaca di dalam commuterline melalui iklan dan voiceannouncer di setiap gerbong serta bersedia mengawal aksi KEREADTA dari Stasiun Kota hingga Stasiun Universitas Indonesia. Lokomotim melihat dukungan penuh dari commuterline sebagai komitmen penting yang dapat dimaknai bahwa transportasi umum akan menjadi tempat yang nyaman untuk para penikmat buku sekaligus memberi stimulus kepada penumpang lain untuk selanjutnya dapat menikmati buku di mana saja.

KEREADTA merupakan aksi nyata untuk terus mendorong semangat semua orang dalam membangun minat baca di Indonesia. Melalui aksi KEREADTA ini kita juga mengajak masyarakat untuk melakukan aksi nyata dari apa yang kita baca lewat praktik-praktik literasi yang membangun dunia literasi Indonesia menjadi lebih baik.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *