Peringati Hari Bumi, Komunitas Gendi UNJ Kampanye Kurangi Sampah Plastik

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional, Komunitas Gendi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengajak masyarakat mengurangi sampah plastik.

“Tujuannya adalah dedikasi untuk negeri. Salah satu bentuk kampanye kita adalah mengurangi penggunaan plastik di Kbu Kota Jakarta,” ujar Humas Komunitas Gendi UNJ Anshori Zarkasih, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (22/4/2018).

Masyarakat juga diajak mengurangi penggunaan kantong plastik dengan beralih menggunakan tas dari bahan lain yang bisa digunakan berkali-kali. Cara lain, mereka yang biasanya menggunakan botol plastik diminta berpindah pada tumbler.

Berbagai pola penggunaan plastik baik dalam rumah tangga maupun gaya hidup juga harus diubah. Cara-cara itu diyakini membantu mengurangi sampah plastik di Jakarta.

Kampanye mengurangi sampah plastik tak hanya digencarkan pada Hari Bumi Internasional. Banyak komunitas yang suda mengampanyekan ini sejak lama.

Salah satu yang pernah dilakukan ialah mengenakan biaya pada pembeli yang ingin menggunakan kantong plastik untuk belanjaanya. Cara ini pernah dilakukan meski belakangan aktivitas serupa tak begitu masif.

Sumber: Berita Jowo

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *