Peringati Hardiknas 2018, Barisan Siswa-Siswi Salewangang Kampanye Pelulusan Anti Rusuh

Momentum hari pendidikan nasional (Hardiknas) dimanfaatkan oleh ratusan pelajar di kabupaten Maros yang tergabung dalam Barisan Siswa-siswi Salewangang (Bassang), menggelar aksi kampanye anti rusuh pada pelulusan.

Aksi kampanye para pelajar ini, dilakukan dengan cara berjalan kaki (long march) dari setiap sekolah, sembari membawa bendera merah putih dan spanduk bertuliskan ‘Pelulusan bukan aksi rusuh dan konvoi tapi untuk aksi bersih damai’.

Salah seorang koordinator aksi, Ridwan menjelaskan, jika aksi longmarch yang digelar ini sebagai bentuk rasa syukur, setelah dinyatakan lulus oleh dinas pendidikan.

“Kami melakukan aksi berjalan kaki (long march) dari sekolah masing-masing yang jaraknya berbeda-beda. Ini suatu bentuk inspirasi bagi kami agar tidak ada korban yang berjatuhan ketika usai pengumuman kelulusan selalu dilakukan dengan konvoi dijalanan,” katanya, Rabu (2/5/2018).

Aksi komunitas pelajar ini, juga sebagai bentuk perlawanan untuk memutus kebiasaan perayaan kelulusan yang dilakukan dengan cara konvoi kendaraan dan aksi ugal-ugalan.

“Kami melakukannya berkat dorongan dari kakak-kakak kelas atau alumni yang sudah lulus dari sekolah, jadi kami memanfaatkannya dengan pungut sampah, bukan konvoi,” paparnya.

Selain membentangkan spanduk, peserta aksi juga mengisi kegiatan mereka dengan melakukan aksi bersih dengan cara memungut sampah, disepanjang jalan poros Dr. Ratulangi hingga Lapangan Pallantikang kabupaten maros.

Adapun beberapa sekolah yang terlibat dalam kampanye tersebut, meliputi SMA Bontoa, SMKN 1 Lau, SMA Sanur dan SMAN 3 Lau serta beberapa SMA dan SMK lainnya yang tergabung kedalam komunitas.

Sumber: KABAR NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *