Komunitas Berbagi (Kombi) Lampung: Ulurkan Tangan Untuk Masyarakat yg Membutuhkan

Fitrah manusia adalah berbuat baik dan berbagi kebaikan, serta bermanfaat untuk manusia lainnya yang membutuhkan. Dalam perjalanan hidupnya, ketika seseorang merasa tidak berguna maka ia juga akan kehilangan arti hidup itu sendiri. Sehingga depresi dan perasaan negatif lainnya akan lebih mudah datang menghantui.

Terbukti, di tengah tuntutan hidup yang tinggi, ketika mayoritas orang lebih memilih memikirkan diri sendiri, masih banyak insan yang begitu peduli. Komunitas Berbagi (Kombi) Lampung, salah satunya.

Berawal dari keprihatinan pendirinya akan masyarakat sekitar yang ternyata masih banyak membutuhkan uluran tangan, baik itu anak yatim, dhuafa, maupun keluarga tidak mampu, akhirnya Kombi Lampung diinisiasi dan dibentuk oleh tiga sekawan M. Dedy Kurniawan, Restu Wulandari dan Rani Mulia Palupi pada 15 Oktober 2015. Dengan harapan, Kombi bisa menjadi wadah untuk saling berbagi kepada sesama, dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Sejak Januari 2016 hingga kini, beberapa program telah rutin digelar oleh Kombi, di antaranya: berbagi perlengkapan sekolah, berbagi perlengkapan ngaji, berbagi sembako, berbagi uang saku, makan siang gratis, koper pustaka, dan pemberdayaan masyarakat. Ragam kegiatan tersebut ada yang digelar harian, mingguan, dua bulanan, enam bulanan dan ada juga yang pertahun.

Adapun lokasi kegiatan biasanya bertempat di seluruh wilayah Lampung. Terutama di Metro, Lamtim, Lamteng, Lamsel, Pesawaran, Tubaba, Tanggamus, Balam, dll. Sementara basecamp Kombi sendiri berada di Dusun 5 Ngestirahayu, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

“Sejak berdirinya, Kombi belum pernah menemukan kendala yang berarti,” ujar M. Dedy selaku penanggung jawab utama ketika tim Suara Relawan menanyakan kesulitan dalam menjalankan Kombi.

Untuk kamu yang berada di wilayah Lampung dan ingin juga berkontribusi dalam bentuk apapun, dapat menghubungi Kombi Lampung lewat akun media sosialnya.

Sumber: Suara Relawan (Dessy & Lita)

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *