Berbagi Kasih Setulus Hati Ala Komunitas Perempuan Manggarai (KMP)

Mantan Menteri Kesehatan RI, Ibu Nafsiah Mboi, menyampaikan kebanggaannya atas keberanian perempuan-perempuan Manggarai Jakarta dalam membentuk Komunitas Perempuan Manggarai (KMP). Hal ini disampaikan Ibu Nafsiah dalam pidatonya di acara Komunitas Perempuan Manggarai (KPM) di Gedung Auditorium Yustinus Unika Atmajaya, Sabtu (12/5).

“Lima puluh tiga tahun saya menikah dengan orang Manggarai, dan baru kali ini saya mengikuti Misa Inkulturasi yang full dalam bahasa Manggarai. Ini luar biasa,” ungkap istri Alm. Ben Mboi, mantan Gubernur NTT ini.

Misa Inkulturasi yang dipimpin para konselebran Romo Roy Jelahu, Romo Donatus Anggur, Romo Andi J, Romo Ivan, merupakan salah satu dari acara utama yang digelar KPM yang mengangkat thema “Pati Ati, Cahir Nai” – berbagi kasih setulus hati ”.

Acara ini digelar dalam rangka merayakan beberapa moment, yakni Hari Kartini, Hari Buruh, Hari Pendidikan Nasional, dan Devosi kepada Bunda Maria. Semuanya dirangkum dalam inti makna dan pesan moment-moment itu, berbagi kasih setulus hati,” ungkap Ketua Paniatia, Awatty R. Mahal.

Pati Ati, Cahir Nai yang merupakan inti makna dan pesan dari moment-moment itu, menurut Awatty, sekaligus merupakan spirit kebersamaan KPM dan seluruh rangkaian acara Misa Inkulturasi dan Pentas Seni Budaya Manggarai.

“Harapannya agar spirit berbagi kasih setulus hati ini menjadi spirit hidup kita semua yang bikin dunia ini jadi tempat yang indah bagi hidup dan kehidupan kita bersama,” kata Awatty.

Dalam acara Pentas Seni Budaya Manggarai, KPM menampilkan Sanda, Mbata, Tarian Ndundu Ndake, Nenggo, dan Tarian Kokakowak. Acara Pentas ini dibuka dengan Renggas, disusul Sanda Jaga Wela Bombang, dan lagu Tenang Tana Ge. Pentas ini didukung oleh Teater Compang Cama pimpinan Bapak Edi Danggur.

Saat menyanyikan lagu Tenang Tana Tana Ge, tembang kerinduan pada tanah kelahiran Manggarai, KPM menampilkan pencipta lagu ini, Bapak Edi Ngambut, yang menyanyi versi asli lagu ciptaannya itu.

“Kami bangga sekali dengan kehadiran Bapak Edi Ngambut dalam acara ini. Menampilkan beliau dalam acara ini merupakan suatu bentuk apresiasi KPM terhadap pencipta lagu-lagu pop Manggarai ini yang merupakan pelopor lagu pop Manggarai,” kata Josefina Syukur, Ketua KPM, yang menyerahkan tanda penghargaan dan kasih kepada Bapak Edi Ngambut.

Sumber: PADAR NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *