Depok Letters: Latih Kreativitas dalam Menulis Indah

Tak semua orang mampu atau dikaruniai bakat menulis indah, tapi semua itu ternyata bisa dipelajari, kok.

Ya, sebenarnya ada ilmu yang khusus mempelajari bagaimana menulis indah, menggerakkan tangan sehingga tercipta huruf dengan goresan yang indah yakni typografi. Itu sebabnya, bagi Anda yang merasa tak memiliki bakat menulis indah bisa mempelajari ilmu typografi.

Di Depok, ada sekumpulan anak muda yang mencoba mengisi waktu dengan kegiatan kreatif, salah satunya Depok Letters. Didirikan sejak 2015 oleh Rinaldi, Depok Letters mengajak anggotanya untuk belajar menulis indah.

“Komunitas ini bergerak di bidang lettering, kaligarfi, dan typografi. Intinya belajar menulis huruf, sih. Siapa saja boleh bergabung, nggak hanya yang bisa menggambar,” ujar Jamal, perwakilan Komunitas Depok Letters.

Jamal mengatakan, sejak didirikan pada 2015 lalu, anggota aktif Depok Letters ada 30 orang. Namun jumlah pengikut mereka di akun media sosial Instagram hampir mencapai 1.000 orang.

Setiap bulannya anggota komunitas Depok Letters berkumpul untuk memperdalam kemampuan mereka dalam menggores tulisan indah. Mereka juga saling berbagi keahlian pada anggota yang masih baru bergabung.

“Kalau mau jadi anggota, nggak perlu ada basic. Siapa pun bisa belajar,” ujar Jamal.

Selain menambah keahlian baru, Jamal mengatakan bahwa anggota Depok Letters juga berpeluang menjadikan kemampuan menulis indah ini sebagai usaha sampingan. Apalagi, seni tulisan indah ini mulai banyak dilirik sebagai bagian dari dekorasi pada momen-momen spesial seperti pernikahan, ulang tahun, hingga bridal shower.

“Komunitas ini, sih, nggak jualan. Tapi anggotanya bisa menjadikannya sebagai ladang usaha. Kalau sudah mahir, nanti bisa nerima orderan sendiri, bukan atas nama komunitas,” tambahnya lagi.

Selain menambah relasi dan keahlian, Jamal mengatakan bahwa bergabung dengan komunitas Depok Letters juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan mental. Menurutnya, kehidupan sehari-hari yang memicu stres membuat mereka membutuhkan pengalihan yang positif.

“Apalagi tinggal di Depok tapi kerjanya di Jakarta, harus menghadapi macet setiap hari, nah menulis indah ini kan lambat, harus dinikmati. Jadi bisa mengurangi kejenuhan dan meringankan stres,” tambah dia.

Bagi Anda yang berdomisili di Depok dan sekitarnya serta ingin mendalami ilmu typografi lebih lanjut, yuk gabung di komunitas Depok Letters ini. Anda bisa mengikuti kegiatan mereka di Instagram @depokletters. Selain gratis, Anda juga bisa menambah teman dan pengalaman, lho.

“Siapapun boleh bergabung, tinggal datang saja. Sesimpel belajar ABCD. Nanti kita juga ada sesi sharing materi sama yang udah berpengalaman,” tandasnya.

Sumber: SUARA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. semoga terus sukses berbagi ilmu typografi nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *