Kelas Kaligrafi dalam Rangka Festival Ramadhan bersama UKM Almizan UIN Sunan Kalijaga

Sebangsa mengadakan kelas Kaligrafi bersama UKM Almizan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga di Kantor Sebangsa Yogyakarta (30/05/2018). Dalam kegiatan ini, UKM Almizan diwakili oleh Amin Rizal selaku kepala divisi Kaligrafi sebagai pengisi acara.

Acara dimulai dengan dengan pemaparan tentang UKM Almizan oleh Amin. UKM ini terdiri dari beberapa divisi, namun khusus divisi Kaligrafi memiliki beberapa kegiatan seperti, Camp Kaligrafi, Kuliah Kaligrafi, UTS Kaligrafi, dan pameran.

Amin melanjutkan pemaparannya tentang jenis-jenis kaligrafi. Tidak banyak materi yang dijelaskan, pria dari Bima ini memberikan beberapa contoh dan langsung mengajak peserta untuk melakukan praktik dengan alat tulis khusus yang terbuat dari bambu dan pohon paku.  “Alat ini kami buat sendiri, meminta anggota yang tinggal didaerah sumatera dan jawa barat untuk mengambil batangnya dan kami bayar” ujar amin.

Para peserta mulai mencoba menulis dengan handam dan tinta cina. Mereka mencontoh huruf-huruf yang sudah ditulis oleh amin. Setelah berlatih, acara ditutup oleh Aji selaku Community Relations dengan memberikan sertifikat kepada pembicara.

Sebangsa juga akan terus berkolaborasi dengan komunitas sastra lainnya untuk mengadakan Jumpa Hangat dengan tema yang menarik. Acara lain Sebangsa dapat dilihat melalui aplikasi Sebangsa dan website Sebangsa.com.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *