Komunitas GPAN Bali Berbagi Kebahagiaan Bersama Puluhan Anak Panti Asuhan

Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Regional Bali mengadakan kegiatan sosial berupa buka puasa bersama anak-anak Panti Asuhan Adzkiyah Alkhair Yayasan Al Ittihad Rasyid Wa Habib yang berlokasi di Jalan Gunung Kidul No 14 A Denpasar. Kehadiran anggota GPAN Bali ke Panti Asuhan Adzkiyah disambut dengan senyum kecerian anak-anak panti asuhan yang kebanyakan duduk di sekolah dasar dan sekolah menengah.

Rombongan Komunitas GPAN Bali ditemani pengurus panti memperkenalkan diri. Pengurus Panti yang diwakili Ustadz Khair juga menceritakan bahwa saat ini Panti Asuhan Adzkiyah Alkhair berjumlah 70 anak. Namun yang tinggal di PantiAsuhan saat ini hanya berjumlah 53 anak. Sisanya menempuh pendidikan di Pondok Pesantren. Agar suasana dengan Anak Panti Asuhan dan anggota Komunitas GPAN Bali semakin akrab.

Ketua GPAN Regional Baliyaitu Nola Nur Aini Sri Handayani mengajak anak-anak Panti Asuhan bermain rumah dan musang. Permainan yang banyak menggunakan gerak dan berpindah tempat dari satu titik ke titik yang lainnya di Aula Panti Asuhan menjadi riuh dengan tawa. Nola  juga mengajak dua orang anak Panti Asuhan untuk bernyanyi. Tak disangka dua anak laki-laki dari Panti Asuhan yang dipilih Nola memilik suara yang sangat merdu. Awalnya dua anak laki-laki tersebut malu, hingga akhirnya seluruh anak Panti Asuhan memberikan tepuk tangan, akhirnya mereka pun menyumbangkan suara emasnya.

Ketua Panitia Buka Puasa Bersama yakni Muhammad Soekarno Saputra Rahman atau akrab disapa Arno mengungkapkan bahwa kegiatan buka puasa bersama merupakan salah satu agenda tahunan Komunitas GPAN Bali di Bulan Ramadhan. Meskipun program kerja GPAN Bali setiap dua minggu sekali membuka  Perpustakaan Kaget, namun di Bulan Ramadhan kami membuat kegiatan berbagi berupa kegiatan anak panti asuhan.

“Kegiatan buka bersama anak  Panti Asuhan Adzkiyah Alkahir merupakan salah satu agenda di Bulan Ramadhan. Di minggu-minggu sebelumnya GPAN Bali membuka kegiatan rutin yakni Perpustakaan Kaget di Car Free Day Renon” ungkapnya.

Lanjut Arno, ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak baik donatur, anggota GPAN Bali dan para relawan yang menyukseskan agenda buka puasa bersama anak-anak panti asuhan.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu terselenggaranya acara ini, baik donatur, anggota GPAN Bali dan para relawan yang menyumbangkan dana, pikiran, waktu, ide, dan tenaga untuk menyukseskan acara ini” pungkasnya.

Tepat pukul 18.15 wita anak-anak panti asuhan membentuk barisan yang saling berhadapan untuk bersiap-siap berbuka puasa. Anggota Komunitas GPAN Bali langsung membagikan takjil dan santap malam untuk anak-anak Panti Asuhan. Acara dilanjutka dengan shalat Magrib Jamaah bersama anak-anak Panti Asuhan.

Di Penghujung acara secara simbolis GPAN Bali memberikan bingkisan berupa alat tulis, seperagkat kitab suci al Quran, dan dana untuk mendukung operasional Panti Asuhan. Seluruh anak Panti Asuhan juga berbaris dengan rapi untuk mendapatkan bingkisan berupa alat tulis sambil menyalami seluruh anggota komunitas GPAN Bali.

Penulis: Herdian Armandhani

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *