Gelar Pentas Wayang Hingga Njagong Budaya, Halal Bihalal Ala Komunitas Pojok Kidul

Mengisi waktu usai lebaran, menjadi agenda yang seru untuk anak-anak Desa kalipucang Wetan, Kecamatan Welahan, Jepara. Mereka menggelar acara halal bihalal bersama Komunitas Pojok Kidul, Jepara.

Abdul Majid, salah satu penggerak Komunitas Pojok Kidul, mengatakan Halal bihalal bersama anak-anak digelar selama dua hari. Kegiatannya, kata dia, mulai dari pelatihan membuat wayang rotan, mendalang bagi anak-anak hingga berdialog warga, pemuda dengan pemerintah desa.

Hari kedua disambung dengan kegiatan hiburan diantaranya musik warna-warni. Kemudian, pentas wayang rotan dari Komunitas Pojok Kidul dan dipungkasi Njagong Budaya Padang Mbulan,” kata Abdul, Minggu (24/6).

Dalam Njagong Budaya, terang abdul, seniman dan budayawan saling ‘ngudo roso’ membaca kondisi Jepara. Lebih guyub, di sesi acara tersebut juga dihadiri seniman dari Semarang dan daerah lain.

“Kami mencoba memanfaatkan momen halal bi halal untuk tukar pikiran. Bahkan bukan hanya bagi kalangan orang dewasa atau tua, tapi juga anak-anak. Sehingga dibuat rangkaian acara selama dua hari,” imbuhnya.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan atas inisiatif Komunitas Pojok Kidul dan Rumah Aksara Wilis Bersaudara kerjabareng Ikatan Pemuda Rukem.

“Kami juga didukung oleh masyarakat, pemerintah desa dan seniman Jepara,” paparnya.

Seorang budayawan, Dalono menuturkan bahwa masyarakat terutama kalangan muda sudah mulai bangkit menghidupkan budaya Jawa. Salah satunya adalah njagong bareng.

“Budaya njagong seperti ini yang punya orang-orang tua kita. Sehingga njagong seperti ini dapat bersilaturahmi, saling belajar,” tandasnya.

Sumber: RMOL JATENG

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *