Belajar Penggalangan Dana secara Kreatif bersama Hoshizora

Sebangsa kembali mengadakan Community Development pada 28 Juni 2018, di Kantor Sebangsa, Jalan Pandega Rini No.3, Sleman, Yogyakarta. Untuk meningkat kemampuan komunitas dalam melakukan penggalangan dana, kali ini Sebangsa bekerja sama dengan Hoshizora Foundation sebagai pemateri โ€œCreative Fundraisingโ€.

Hoshizora Foundation diawali oleh sekumpulan mahasiswa yang sedang kuliah di Jepang dan menyisihkan uang makan siangnya untuk membantu anak Indonesia yang butuh bantuan pendidikan. Menyadari adanya beberapa kolega yang melakukan hal serupa, akhirnya mereka membuat Komunitas Hoshizora pada 2006 yang berarti bintang di langit. Tidak sampai disitu, Untuk terus melanjutkan misinya, mereka melakukan berbagai kegiatan secara kreatif demi penggalangan dana.

Reky Martha selaku President dari Hoshizora Foundation menjelaskan bahwa teman-teman Indonesia di Jepang belajar tari saman untuk pentas di beberapa tempat. โ€œBahkan kami menitip teman-teman yang akan kembali ke Indonesia untuk membeli pernak-pernik khas seperti kipas, dan kami jual di stasiun setelah izin dengan city hallโ€ ujar Reky.

Namun ada beberapa poin penting dalam penggalangan dana. Pertama, apa tujuan dari kegiatan atau penggalangan dana yang kamu lakukan. Kedua, ketahui sekelilingmu, dari perilaku lalu metode apa yang sekiranya tepat untuk dilakukan. Ketiga, bagaiman kamu berfikir kreatif dengan adanya keberagaman dalam tim. Keempat, penggalangan dana seperti apa yang kamu inginkan, cepat, menyenangkan, atau banyak. Terakhir, kenali stakeholder yang ada untuk menentukan cara kamu melakukan penggalangan dana dan menjaga hubungan para donator.

Nah, mau kan komunitasmu ikut dalam sesi pelatihan komunitas selanjutnya? Yuk, ikuti seri-seri kelas pelatihan komunitas dari Sebangsa dan KomunitaID selanjutnya!

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *