Community Workshop Sebangsa: Berberes dengan Metode KonMari

Merapikan atau menata barang menjadi menjadi kegiatan sederhana namun penuh tantangan bagi sebagian orang. Kesalahan dalam menata barang juga bisa membuat kerugian seperti kehilangan barang hingga barang yang menjadi mubazir karena belum terpakai sementara sudah masuk waktu kadaluarsa.

Menyadari hal tersebut, Platform Media Sosial Komunitas, Sebangsa menggelar Community Workshop bertema “Kelas KonMari (Seni Merapikan Ruma Ala Jepang)” di Studio 39, Kebayoran Baru, Jakarta , pada Jumat Siang (6/7/2018) . Sebangsa mengundang Founder Komunitas KonMari Indonesia, Aang Nurhuda, untuk membagi pengetahuannya tentang seni berbenah yang digagas oleh Marie Kondo.

“Metode KonMari memiliki dua aktivitas kunci yaitu decluttering dan organizing. Lewat dua pendekatan itu, peserta diajak untuk memulai memisahkan barang-barang yang dianggap berguna dan memberi rasa bahagia dan barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi,” jelas Aang.

Berbenah ala KonMari memiliki 6 prinsip dasar yakni, Komitmen diri sendiri, Memulai dengan mengurangi barang, Membereskan per-kategori, bukan perlokasi, teguh mengikuti aturan kategori barang, mencapai hidup yang ideal dengan benda-benda yang dibutuhkan, dan terakhir menjadikan “Spark of Joy” atau Barang yang memberikan kebahagiaan sebagai parameter utama.

Sementara untuk benda-benda yang memiliki kenangan tersendiri atau sentimental item, Aang memiliki teknik tersendiri. Menurutnya Intuisi sangat dibutuhkan dalam merapihkan barang ini. Beberapa barang seperti foto dapat disimpan. Pastikan hanya menyimpan salah satu dan benar-benar dapat mewakili perasaan gembira saat itu.

“Melepaskan barang kenangan sama halnya Anda melepaskan beban alam bawah sadar yang menjerat selama ini. Ikhlaskan, lalu Buang!,” tutupnya. (*)

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *