Komunitas Sahabat Buku Biak Gelar Lapak Baca Gratis

Taman Mandow Biak terlihat begitu ramai dengan sekelompok anak muda dari Komunitas Sahabat Buku Biak yang menggelar banyak buku disana, Lapak Baca Gratis, itulah yang menarik perhatian setiap orang yang berada di Taman, Sabtu sore (14/7/2018)

Ketua komunitas Sahabat Buku Biak Numfor Erwin Sanjaya mengatakan lapak baca gratis ini awalnya terbentuk dari pembicaraan ringan bersama kawan-kawanya yang prihatin dengan keadaan anak-anak muda di Biak yang saat ini terlihat minat bacanya sudah sangat kurang, sehingga terpikirkan oleh mereka untuk membuat suatu kegiatan yang positif yang bisa membangun rasa minat baca itu kembali.

Komunitas ini mempunyai visi yaitu menggerakan minat dan arus perjuangan cinta literasi untuk terwujudnya manusia cerdas, berakhlak dan bermanfaat, serta Misi Menyediakan ruang literasi sebagai ruang hidup, Membangun nilai persaudaraan bagi pembentukan komunitas yang lebih baik, Memperkuat kehidupan komunitas melalui dinamika kehidupan bermasyarakat

Komunitas sahabat buku yang berdiri pada 14 februari 2018,Menurut Erwin,Komunitas sahabat buku yang berdiri pada 14 februari 2018, Mengenai buku-buku yang ada saat ini didapat dari sumbangan/donasi masyarakat, namun diakui masih sedikit atau kurang, saat ini sahabat buku masih berusaha untuk menambah koleksi buku yang ada.

“Diharapkan masyatakat Biak yang masih mempunyai buku-buku layak baca bisa dibagikan/didonasikan kepada kumunitas sahabat buku Biak, saat ini koleksi buku yang masih kurang adalah buku novel dan biografi atau buku sejarah,” ujar erwin.

Selain itu, Komunitas sahabat buku ini sudah terdaftar dalam Kemendikbud yaitu forum taman baca masyarakat (TBM) se-indonesia, sehingga yang diluar Papua juga bisa membantu mendonasikan buku bisa melalui Forum TBM.

Sementara itu dukungan dari pemerintah juga sangat baik yaitu mengadakan pengiriman buku gratis setiap bulan khusus pada tanggal 17 melalui seluruh kantor POS se-Indonesia.

Selaku Ketua Komunitas Sabat Buku, Erwin berpesan untuk anak muda di Biak, “Jangan pernah berhenti membaca karena dengan membaca kita bisa melihat dunia” mengutip kalimat salah satu tokoh andalannya yaitu Bung Hatta.

Diharapkan Lapak baca ini bisa menumbuhkan minat baca masyarakat kota Biak dan semoga gerakan ini bisa membuat masyarakat di Biak lebih cerdas, berani dan tentunya ber’akhlak agar Biak nantinya bisa lebih maju lagi, ungkap erwin.

Lapak Baca Gratis ini diadakan setiap sebulan sekali di Taman Mandow/ Taman Adam Manggara Biak pada sore hari sampai jam 17.30WIT, masyarakat kota Biak bisa memilih buku-buku yang sudah di siapkan untuk dibaca secara gratis, ada buku cerita dongen/fiksi, buku pelajaran, novel dan tentunya buku yang menambah pengetahuan, sambil duduk duduk sore ditengah keindahan Taman milik masyarakat kota Biak ini..

SUMBER: NOKENLIVE

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *