Komunitas Komandan, Ciptakan Atmosfer Kreatif bagi Komikus di Medan

Era digital memberikan peluang bagi siapa saja untuk mengembangkan kreatifitasnya, termasuk komikus.

Di Kota Medan profesi ini memang belum begitu dilirik orang-orang, tapi orang-orang yang tergabung dalam Komunitas Komik Anak Medan percaya kelak industri kreatif di kota ini bisa berkembang layaknya kota besar lainnya.

 Terbentuk sejak tahun Juli 2017, komunitas Komik Anak Medan atau sering disingkat Komandan ini memiliki satu tujuan, yakni untuk menciptakan atmosfer kreatif di kota Medan.

Di mana, orang-orang yang menggiati dunia komik atau mereka yang sekadar tertarik bisa saling sharing satu dengan yang lainnya.

“Untuk menciptakan satu suasana atau atmosfer baru, solusinya satu, komunitas. Yang membedakan Komandan dengan komunitas lain adalah, di sini kita berkumpul bukan karena hobi. Tapi menjadikan komik sebuah profesi yang menghasilkan,” ujar Co-Founder Komandan, Wiratama.

Diawali dari 10 orang, Komandan kini sudah memiliki lebih kurang 70 anggota online. Wira mengatakan, ada beberapa dari mereka yang awalnya belum mengerti mengengerti cara berkembang dalam bidang ini. Hingga ketika bergabung dalam komunitas Komandan, satu per satu mulai terjun ke dunia komik dan memiliki page komik online sendiri.

Tidak hanya sekadar sharing-sharing dan diskusi belaka, untuk memperkenalkan banyak orang dengan profesi komikus, Komandan menggelar satu event bernana Lakomfest. Wira mengklaim acara ini berbeda dan belum pernah ada sebelumnya di Kota Medan.

“Tahun lalu kita buat Lakomfest pertama kali. Di beberapa kota seperti Bandung dan Jogja, mereka rutin buat event khusus komik. Jadi kita inisiatif buat event Lakomfest. Ini event yang pertama sekaligus yang berbeda dari yang lainnya,” ucapnya.

Ia ingin, perkembangan industri komik berjalan seiringan dengan pelaksanaan event itu. Di sana, Komandan menunjukkan keberadaannya. Sehingga, anak-anak muda di Kota Medan bisa memiliki opsi pekerjaan yang baru.

“Kami berkaca dari event di luar kota. Kami mikir, eh kok seru ya. Di sana, animo masyarakat sanfat kuat. Jadi kami mau buat seperti itu juga di kota sendiri. Kita mau tunjukin, ‘ada loh komunitas seperti ini di Medan’. Jadi, anak zaman sekarang punya lebih banyak opsi pekerjaan, enggak melulu mikir kerja kantoran aja,”ujarnya.

Dan percobaan pertama Lakomfest bisa dikatakan sukses. Karena itu, Komandan berencana untuk menggelar acara itu rutin setiap tahunnya.

Selain event tahunan itu, Komandan juga kerap kali melakukan acara gathering rutin di ruang-ruang publik di Kota Medan. Pada kegiatan itu biasanya, para anggota akan menggambar komik bersama-sama.

SUMBER: TRIBUNMEDAN

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *