Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Rumah Berdaya Gelar Berbagai Kegiatan Seru Ini

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia Tahun 2018 yang akan jatuh pada tanggal 10 Oktober 2018 nanti, Rumah Berdaya memepersembahkan berbagai kegiatan seru yang melibatkan masyarakat umum dengan ODS (Orang Dengan Skizofrenia).

Berlokasi di Taman Kota Lumintang, Denpasar, Bali, kegiatan ini dimulai dari pukul 06.00 WITA sampai dengan pukul 10.00 WITA, dengan berbagai kegiatan seperti longmarch, sharing sessions, group art expression, konsultasi psikologi serta cek tensi gratis.

“Selain memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Rumah Berdaya dan KPSI Simpul Bali menginginkan penyebaran informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, bahwa orang dengan Skizofrenia itu ada di sekitar kita. Dan mereka bisa hadir di tengah-tengah kita dalam satu kegiatan yang sama dan dalam aktivitas yang sama,” ucap Psikolog Volunteer, Anak Agung Ketut Sri Wiraswati yang ditemui Tribun-Bali.com, Minggu (7/10/2018).

Bekerja sama dengan HIMPSI Bali, KPSI Simpul Bali, dan Ketemu Project, kegiatan ini diharapkan dapat menghapus stigma pada ODS lewat sharing sessions, yang langsung melibatkan delapan ODS yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Sharing tentang ODS dan isu kesehatan mental merupakan fokus utama dalam pelaksanaan sharing.

Menariknya terdapat beberapa peserta atau volunter yang mengalungkan papan nama dengan kalimat-kalimat unik dan menohok bagi pembacanya.

Beberapa kalimat yang dituliskan yakni ‘Jangan Panggil Aku Gila’, ‘Let’s Be Schizofriends’, dan masih banyak kalimat-kalimat lainnya.

“Ini sebagai kampanye bahwa orang normal yang menggunakan tulisan tersebut juga bisa kok terlihat seperti orang gila. Aku dan ODS tidak ada bedanya. Itu pesan yang ingin disampaikan,” jelasnya. (*)

 

Sumber Tribun Bali

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *