Sumpah Pemuda, Puluhan Komunitas Malang Ramaikan Youth Festival 2018

Ada yang berbeda dalam memperingati hari Sumpah Pemuda kali ini. Salah satunya yang dilakukan oleh We The Youth Foundation bekerja sama dengan Ruang Perintis Coworking Space, mereka menggelar Youth Festival 2018 di Pool Perum Permata Jingga Malang hari ini, Minggu (28/10).

Puluhan komunitas anak muda se-Kota Malang turut meramaikan acara tersebut dengan memamerkan karya mereka. Diantaranya Malang Cat Lovers (MCL), Komunitas Pecinta Reptile, Sanggar Blitz ITN Malang, dan masih banyak yang lainnya.

“Acara ini serentak di 10 Kota se Indonesia. Seperti Jakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Malang, Yogyakarta dan masih banyak lainnya. Tentunya dengan konsep yang berbeda di masing-masing kota. Banyak pameran dan hiburan dari komunitas-komunitas yang kita hadirkan di sini,” ujar Ketua Pelaksana Youth Festival 2018, Achmad Zulva Andrian.

Andri menambahkan, moment Sumpah Pemuda dirasa tepat dengan mengajak generasi muda berkreasi. Untuk itulah pameran komunitas tersebut dilakukan agar saling bersinergi antar sesama.

“Ini sebagai salah satu bentuk networking antar komunitas. Disini tidak hanya sekedar memamerkan karya, tapi mereka bisa saling berbagi informasi dan membangun jaringan antar sesama komunitas. Di moment Sumpah Pemuda ini kita harapkan generasi muda lebih bersinergi untuk berkegiatan secara positif,” imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Koordinator Seni Rupa Sanggar Blitz ITN Malang, Firdasyam Dwi menyambut positif kegiatan tersebut. Baginya, peringatan Sumpah Pemuda bisa memberikan edukasi bagi generasi muda salah satunya melalui kreatifitas.

“Dengan kita ikut berpartisipasi di sini banyak hal yang bisa didapat. Moment Sumpah Pemuda ini harus dimanfaatkan bagi generasi muda untuk lebih kreatif lagi, dan harus mau berpikir ke depan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan penasihat komunitas Malang Cat Lover, Andi Basworo. Ia menilai, kegiatan dalam memperingati Sumpah Pemuda tersebut sangat tepat sasaran. Bisa membangun kebersamaan antar sesama komunitas.

“Mengingat generasi zaman sekarang yang mulai melupakan semangat Sumpah Pemuda ya, dengan berkumpul disini ini bagus. Momentnya pas dengan mengajak generasi muda, mereka menjadi teredukasi dan tidak akan membuang waktu untuk hal yang negatif,” tandasnya.

 

Sumber radarmalang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *