Decoulovers : Komunitas Pecinta Seni Decoupage, Anggotanya Ibu-ibu Zaman Now

Seni Decoupage belakangan ini tengah naik daun. Hal ini karena banyak orang yang tertarik memakai produk dengan sentuhan decoupage. Decoupage adalah seni dekorasi atau menghiasi permukaan benda dengan cara menempelkan potongan gambar ke berbagai media untuk diberi lapisan tertentu hingga menyatu.
Media yang digunakan pun beragam, mulai dari kanvas, tas, dompet, nampan, hiasan dinding atau media bergelombang seperti guci. Kerajinan tangan ini populer di Eropa sejak lama, dan mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 2000-an.

Seni Decoupage tidak hanya dikerjakan oleh perorangan atau industri kreatif saja, tetapi ada satu komunitas yang secara khusus berkarya di bidang seni tersebut. Adalah Komunitas Decoulovers yang berbasis di Kota Bandung, berdiri sejak 12 maret 2017.

Jumlah anggota yang aktif di komunitas Decoulovers ini, yakni sekitar 90 orang yang tidak hanya berasal dari Kota Bandung saja. Beberapa di antaranya ada yang tergabung dari sejumlah daerah di Indonesia, seperti Bekasi, Cimahi, Tangerang Selatan, Bogor, Semarang, Bogor, Surabaya, dan Samarinda.

“Rata-rata anggota komunitas Decoulovers ini banyak didominasi oleh ibu-ibu zaman now yang kreatif, mandiri, dan senang berkarya di bidang seni Decoupage. Tidak hanya ibu-ibu saja, bahkan anak mahasiswa dan beberapa pria pun juga ada yang ikut tergabung di komunitas ini,” kata Yulitasari.

Yulitasari menjelaskan, untuk bisa bergabung di Komunitas Decoulover bisa langsung menghubungi beberapa anggota pengurus, atau melalui Fanpage Facebook komunitas Decoulovers Bandung. Untuk tempat kumpulnya, Komunitas Decoulover memiliki basecamp yang beralamat di Jalan Kuningan Raya No 32, Antapani Bandung.

Adapun Kegiatan yang dilakukan Komunitas Decoulovers ini, tidak hanya berkumpul di basecamp saja. Bahkan setiap dua bulan sekali mereka kerap mengadakan kopdar resmi yang tempatnya bisa di kafe, mall atau tempat lainnya. Komunitas Decoulovers juga memiliki sejumlah kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik, yakni kegiatan workshop dan aridasan napkind. Khusus kegiatan workshop seni Decoupage, anggota Komunitas Decoulovers mengadakannya sangat rutin dan kapan saja bisa dilaksanakan.

 

Sumber : tribun jabar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *