9 Tip Manajemen Keuangan Keluarga Supaya Nggak Bingung Lagi di Tengah Bulan (1)

Manajemen keuangan itu sangat penting, apalagi kalau kita lengah. Bisa-bisa di tengah bulan, pengeluaran melonjak. Untuk itu, yuk intip 9 tips manajemen keuangan dari komunitas emak-emak blogger ini.

Tip Manajemen Keuangan Keluarga

Mengatur keuangan terutama bagi yang sudah berumah tangga bukanlah perkara yang mudah. Kita harus memiliki manajemen keuangan keluarga yang bagus, Mak, agar kebutuhan keluarga bisa terpenuhi semua dan masih menyisakan untuk tabungan, atau bahkan untuk investasi.

Manajemen keuangan itu untuk mengatur semua pemasukan dan pengeluaran agar selalu terkontrol dan tidak ada masalah ekonomi nantinya. Bagaimana cara mengatur keuangan keluarga itu? Simak tip berikut ini ya.

 

1. Pengeluaran Lebih Sedikit daripada Pemasukan

Hal pertama yang menjadi prinsip manajemen keuangan keluarga adalah pengeluaran tidak boleh lebih besar dibandingkan pendapatan. Prinsip ini harus ditanamkan secara kuat agar kita tidak mengalami kesulitan keuangan nantinya.

Kartu kredit, menjadi salah satu faktor besarnya minat belanja seseorang. Hal ini kadang yang membuat kita tanpa sadar telah menghabiskan uang lebih banyak daripada yang kita punya. Dan akhirnya kita dikejar debt collectorkarena tidak bisa melunasi cicilan.

Akan lebih baik jika kita menyimpan uang dalam bentuk deposit dan rencanakan pengeluaran dan belanja sebaik mungkin agar terhindar dari istilah “besar pasak daripada tiang”.

 

2. Catat Pengeluaran

Salah satu hal yang membuat pengeluaran membengkak adalah tidak adanya catatan, sudah seberapa banyak kita membelanjakan uang kita. Untuk itu, penting sekali membuat catatan untuk apa saja uang tersebut kita keluarkan.

Mulailah dengan membuat catatan setiap belanja atau membeli barang. Mencatat biaya transportasi, biaya rekreasi, biaya ke dokter, dan semua hal yang membutuhkan uang dalam satu bulan tersebut.

Amati setiap pengeluaran dalam satu bulan tersebut dan lihat sudah seberapa banyak kita menghabiskan uang dan mungkin sebagian habis untuk hal-hal yang kurang penting. Jika sudah tahu, bulan-bulan ke depannya pasti akan lebih bijak dalam manajemen keuangan keluarga.

 

3. Berpikir Sebelum Membeli Sesuatu

Banyak dari kita yang membeli hanya karena nafsu, tanpa berpikir dahulu apakah barang tersebut memang kita butuhkan atau tidak. Hal ini akan berujung penyesalan karena barang tidak terpakai atau tidak sesuai keinginan.

Sebelum memutuskan mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu, pikirkan dahulu matang-matang. Jika perlu konsultasikan kepada orang yang paham akan keuangan, seperti konsultan keuangan, agar bisa mengambil keputusan secara lebih bijak dan terkontrol.

 

4. Jangan Membeli Sesuatu yang Memang Kita Tidak Sanggup

Banyak orang yang memanfaatkan kartu kredit atau cicilan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa memikirkan apakah mereka sanggup membayarnya atau tidak. Hal inilah yang nantinya akan menyusahkan kita, dan tak jarang yang akhirnya terjerak utang dan diteror debt collector.

Penting sekali untuk kita memahami seberapa besar kemampuan kita untuk memiliki sesuatu. Jika memang hal tersebut terlalu besar dan berat untuk kita, akan lebih baik kalau kita nggak usah ambil saja, Mak, karena hanya akan menghancurkan keuangan kita.

Belilah barang yang sesuai dengan kemampuan. Jangan hanya karena ingin terlihat memiliki gaya hidup mewah, kita sampai mengesampingkan nalar dan akal sehat. Jika semua keinginan kita ingin dituruti, pasti tak akan ada habisnya.

 

5. Segera Bayar Tagihan

Jika kita memiliki tanggungan, seperti tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan kendaraan, dan juga tagihan kartu kredit, segera bayar secepatnya. Hal ini pastinya penting agar kita terhindar dari bunga atau denda yang dibebankan jika sampai telat membayar tagihan.

Hal ini juga sangat penting agar tidak mengganggu biaya kebutuhan lainnya. Dengan memisahkan atau membayarkan terlebih dahulu semua beban tagihan, akan membuat kita lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

 

sumber : emak-emak blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *