Zero Waste Nusantara Berbagi Gaya Hidup Minim Sampah

Kampanye gaya hidup minim sampah tengah dikampanyekan oleh mereka yang giat mendorong gerakan ramah lingkungan. Di media sosial, berbagai tagar bisa kita temukan, salah satunya #zerowaste, jika ingin mendapatkan inspirasi mengenai upaya untuk meminimalisasi sampah. Salah satu komunitas yang mengampanyekan dan berbagi soal ini adalah Komunitas Zero Waste Nusantara (ZWN), yang digagas oleh Jeanny Primasari.

Jeany berbagi mengenai prinsip 5R yang diterapkannya untuk mengurangi sampah di lingkungan sekitarnya. Ia mulai dari diri sendiri. 5R adalah refuse, reduce, reuse, recycle, dan ROT.

Refuse

Refuse dapat dilakukan dengan mengganti wadah atau barang sekali pakai. Misalnya, membawa tempat makan atau minum sendiri ketika jajan di luar. Hal yang lain yang dapat dilakukan adalah mengembalikan tisu dan placemat ke pihak restoran sebelum mulai makan.

Reduce

Reduce dapat dilakukan dengan menerapkan berbelanja sesuai kebutuhan agar tidak mubazir.

Reuse

Reuse dapat dilakukan dengan menggunakan barang yang bisa dipakai berulang, seperti menggunakan cloth diapers sebagai pengganti popok bayi sekali pakai, menggunakan sapu tangan unutk meminimalisir konsumsi tisu.

Recycle

Recycle dapat dilakukan dengan mendaur ulang sampah atau barang bekas menjadi produk baru yang memiliki nilai manfaat.

ROT

ROT dapat dilakukan dengan mengolah sampah dapur menjadi kompos sehingga mengembalikan zat organik ke alam untuk menyuburkan tanah. Selain itu, biopori juga dapat mempercepat peresapan air hujan.

Penulis : Mela Arnani

Sumber : Kompas 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *