Komunitas Public Speaking Berikan 6 Poin Membuka Acara dengan Memukau

Sebuah acara, baik acara dalam lingkup yang besar maupun kecil akan terasa hampa apabila tidak ada MC. MC menjadi salah satu komponen vital dalam sebuah acara. Karena keberadaan MC sangatlah penting, maka kita bisa lihat tips dari komunitas public speaking ini!

Pertama Anda harus punya energi

Mas Obi berkata, “Anda datang harus penuh dengan semangat, sebab peserta membutuhkan energi.”

Saya sepakat akan hal ini. Energi itu bisa menular ke orang lain. Makanya para motivator menyarankan saat pagi hari dengarkanlah lagu-lagu semangat. Supaya dalam menjalani hari semangat, dan hal ini terbukti pada diri saya.

Kedua tunjukkan fakta

Tunjukkan fakta terkait materi yang akan disampaikan. Mas Gamal bilang pada saya intinya, ada dua hal yang harus masuk saat kita menjadi pemateri, yaitu fakta dan cerita. Dua hal tersebut yang membuat orang tertarik pada materi yang disampaikan.

Misalnya seperti, 77% perusahaan mencari calon karyawan lewat google. Maka Anda harus memiliki personal brand yang kuat, supaya mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Di pertemuan kali ini, saya akan menjelaskan tentang hal ini.

Ketiga buka dengan pertanyaan

Siapa dari Anda yang ingin merasakan manfaat blog seperti jalan-jalan gratis, mendapatkan uang, memiliki banyak teman, dan kebaikan yang terus mengalir?

Menggunakan trik ini kita sebagai pemateri akan mengetahui pemikiran masing-masing peserta. Selain itu akan membuat suasana lebih interaktif.

Keempat berikan visual yang memukau

Buka dengan video yang sesuai dengan materi, injak mawar, injak uang atau hal lain. Intinya membuat peserta seminar langsung fokus pada kita.

Kelima partisipasi peserta

Ajak peserta aktif juga dengan mengajukan pertanyaan/hal lainnya. Keaktifan peserta, membuat mereka nyaman dan fokus pada kita.

Keenam berikan ice breaking

Seorang pemateri harus memiliki banyak ice breaking untuk menjadikan peserta fokus dan semangat kembali. Banyak sekali ice breaking yang bisa dipelajari. Kemarin Mas Obi juga memberikan beberapa ice breaking buat kami.

 

Sumber : Sandiiswahyudi.com

Foto : Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *