Komunitas Sikolata : Dua Tahun Mendidik Tanpa Ruangan

Komunitas Sikolata salah satu komunitas sekolah di Kota Makassar yang mengajar atau mendidik anak-anak putus sekolah. Komunitas ini berdiri dua tahun lalu, sejak tahun 2014 oleh Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Anwar salah satu pendiri Komunitas Sikolata mengatakan, Komunitas Sikolata ini sangat berbeda dengan sekolah formal pada umumnya, proses belajar mengajar pun tidak memiliki ruangan atau tempat tertentu.

“Sikolata tidak mempunyai tempat tetap dalam proses belajar mengajar, anak­ – anak menerima pelajaran sesuai minat yang diinginkan oleh peserta didik,” kata Sultan di Cafe Play Over Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Kamis, (24/11).

Lebih lanjut Anwar menjelaskan, tujuan sekolah ini didirikan atas kepedulian terhadap anak putus sekolah yang ada di jalanan serta memberikan hak belajar bagi anak-anak.

“Pendidikan adalah hak semua anak”, katanya. Selain itu lanjut Anwar “Memberikan ruang bagi anak-anak untuk lebih mengasah potensi dan minat,” tambah Anwar.

 

Sumber : Seputarsulawesi

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *