Penggemar Anime dan Manga Wajib Tahu! Ini Dia Komunitas Cosplay Bandung yang Masih Eksis Sejak 2010

Tayangan film anime membuat beberapa orang menjadi terinspirasi untuk bisa tampil dan meniru karakter yang ada di film tersebut.

Tak hanya film anime yang ditayangkan di tv swasta saja, adanya teknologi yang semakin canggih membuat pencinta anime semakin mudah mengakses berbagai tayangan anime Jepang yang beragam.

 Ya, budaya Jepang ternyata cukup diminati di Indonesia, bahkan di Bandung terdapat kumpulan komunitasnya yang bernama Komunitas Cosplay Bandung.

Komunitas Cosplay Bandung ternyata sudah cukup lama lahir di Bandung.

Adi Wiguna adalah satu di antara beberapa anggota cosplay yang sudah cukup lama aktif di komunitas ini.

Adi mengatakan, komunitas cosplay sudah ada sejak 2010 di mana saat itu peminat cosplay belum ramai seperti sekarang.

Cosplay adalah sebuah hobi yang nge-trend di kalangan pencinta budaya anime Jepang.

Pelaku cosplay biasanya disebut cosplayer, mereka hobi menggunakan pakaian, aksesoris, dan riasan wajah seperti tokoh dalam anime, manga, game, dan film kartun.

“Peminat coplay basisnya tidak hanya peminat budaya Jepang saja. Ada juga yang senang karena baca komik, nonton anime, dan kartun barat juga ada,” ujar Adi saat ditemui di Bandung Creative Hub, Jalan Laswi No 7, Kota Bandung, Selasa (4/12/2018).

Anggota komunitas saat ini sudah mencapai ribuan, dan seringkali hadir di berbagi acara cosplay yang diadakan di berbagai tempat.

Adi mengatakan, komunitas cosplay biasanya berkumpul di Balai Kota setiap Minggu.

Namun kegiatan berkumpul ini tak selalu ada di setiap minggunya.

 Berkumpulnya komunitas cosplay biasanya dilakukan saat latihan bersama untuk mengisi suatu acara.

“Ketika mau ikut lomba, kita selalu latihan mulai dari pemilihan karakter, kabaret apa yang akan ditampilkan, dan pemilihan kostum,” ujar Adi.

Lomba yang di ikuti oleh komunitas cosplay ini biasanya diadakan di berbagai kampus, sekolah, dan mal.

Adi menjelaskan dalam suatu perlombaan, biasanya terdapat tiga jenis kategori yang bisa diikuti, yaitu cosplay individu, cosplay team, dan costreet.

Cosplay individu yaitu di mana cosplay tampil sebagai tokoh kartun dan menunjukkan bagaimana gaya bicara dan tingkah lakunya.

Sedangkan cosplay team dibawakan bersama tim yang penampilannya berisi penampilan kabaret.

Nah yang paling menarik adalah costreet, di mana adanya fashion show yang menggunakan cosplay sesuai karakter yang di inginkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini, Anda bisa ikut bergabung di facebook Komunitas Cosplay Bandung.

Di grup tersebut, berisi berbagai informasi mulai dari kegiatan kumpul hingga agenda lomba cosplay.

Sumber : Tribun Jabar
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Yongky Yulius

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *