Pusbisindo Jogja, Mengajarkan Bahasa Isyarat di Community Workshop Sebangsa Network

Yogyakarta – Platform Aktivitas Komunitas Sebangsa kembali menyelengarakan program Community Workshop pada 21 Desember 2018 kemarin di Pandega Sakti No.3, Depok, Sleman. Tema yang diangkat kali ini adalah Kelas Bahasa Isyarat yang diisi oleh M. Diki Prasetyo dan Ardi Kuswantoro yang merupakan teman tuli dari Pusbisindo (Pusat Bahasa Isyarat Indonesia), dan didampingi oleh Fahmi sebagai penerjemah bahasa isyarat.

Acara ini dibuka oleh Andri Wardhana selaku GM Operations dari Sebangsa Network dan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Materi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah pengenalan terkait bahasa isyarat yang disampaikan oleh M Diki Prasetyo. Diki menjelaskan tentang latar belakang dibentuknya Pusbisindo, yang saat ini hanya berada di dua kota, yaitu Jakarta dan Jogja. Selanjutnya Diki memaparkan mengenai berbagai hal terkait tuli. Mulai dari identitas tuli, yang selanjutnya dilihat dari sudut pandang sosial-budaya dan sudut pandang medis. Kemudian budaya tuli, dimana dijelaskan perbedaan terkait budaya dengar dan budaya tuli.

Sebelum melanjutnya ke sesi kedua, dibuka tanya jawab. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan seputar ‘tuli” mulai dari, apakah tulli bisa disembuhkan, mengapa tidak mendengar dengan alat bantu, bagaimana mereka survive selama ini, setelah ini apakah mereka masih bisa mengikuti kegiatan kelas bahasa. isyarat.

Sesi dua diisi oleh Ardi, ardi mengajak peserta untuk berinteraksi dengan bahasa isyarat. Dimulai dengan mengenalkan huruf alfabet dengan bahasa isyarat. Kemudian sapaan seperti “siapa nama kamu?” dilanjut peserta diminta untuk mengeja nama masing-masing. Ardi memilih tiga peserta secara acak untuk menguji ingatan mereka terkait alfabet bahasa isyarat. Terlihat antusias peserta pada sesi praktek bahas isyarat ini. Ada peserta yang terlihat kebingungan dengan gerakan tangan, atau peserta yang lupa bagaimana bahasa isyaratnya.

Setelah kedua sesi selesai, acara ditutup dengan foto bersama.

Sebangsa akan terus mengadakan kegiatan Community  Workshop untuk membangun komunitas. Terus ikuti kegiatan sebangsa di sebangsa.com dan instagram.com/sebangsa

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *