7 Cara Jitu Mengusir Kantuk

Halo Sahabat Puan! Kali ini puan.co akan membagikan tips dan trik bermanfaat untuk mengusir kantuk. Pasti semua orang pernah mengalami rasa kantuk yang berlebihan. Ada kalanya rasa kantuk itu menjadi sebuah alarm bagi tubuh untuk segera beristirahat. Namun demikian, Sahabat Puan perlu memiliki trik ampuh untuk mengatasi rasa kantuk ketika ia menyerang di waktu yang kurang tepat. Misalnya, ketika sedang mengendarai kendaraan tiba-tiba Anda mengantuk. Ini tentu sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal bagi keselamatan. Contoh lainnya, ketika sedang belajar atau sedang mengikuti rapat penting, tiba-tiba datang rasa kantuk yang sangat mengganggu. Kondisinya seperti itu tentu akan sangat merugikan bagi karier dan reputasi Sahabat Puan di hadapan publik.

 

Nah, agar tidak terjebak dalam kondisi seperti itu, ada baiknya Sahabat Puan menyimak 7 cara jitu mengusir kantuk berikut ini:

1. Tarik napas panjang

Begitu terasa sangat mengantuk, cobalah tarik napas panjang secara perlahan. Kemudian lepaskan perlahan. Ulangi hingga berkali-kali sampai merasa lebih rileks dan kantuk berkurang. Bernapas panjang seperti ini akan sangat membantu mengurangi rasa kantuk yang sangat menyiksa.

2. Berwudhu atau cuci muka

Cara kedua adalah dengan berwudhu atau mencuci muka. Ketika mengantuk berat, ambillah wudhu, atau paling tidak cucilah muka dengan air bersih dan segar. Mata yang sedang mengantuk akan segar kembali setelah dibilas dengan air segar. Ini juga cara yang sangat efektif dalam mengatasi masalah kantuk.

3. Minum air putih

Minum air putih juga bagus ketika sedang mengantuk. Sahabat Puan bisa meminum air putih dingin atau hangat. Tergantung selera. Nikmati setiap tegukan air tersebut hingga sedikit demi sedikit rasa kantuk pergi menjauh.

4. Minum kopi atau teh

Selain air putih, Sahabat Puan bisa juga menyeduh kopi atau teh. Kedua jenis minuman ini mengandung kafein yang bisa membantu mengusir kantuk yang sedang menyerang. Pilih saja mana yang lebih disukai apakah minum kopi atau minum teh.

5. Jalan-jalan sejenak

Jika kantuk datang ketika sedang berkendaraan, Sahabat Puan bisa menepi sebentar dan turun dari kendaraan. Berjalanlah beberapa saat untuk melancarkan peredaran darah dan menyegarkan pikiran. Demikian pula jika sedang belajar di dalam kelas atau sedang bekerja di kantor, begitu kantuk datang segera minta izin keluar ruangan. Berjalanlah dengan rileks dan menyapa orang-orang yang ditemui. Niscaya kantuk akan segera minggat.

6. Bercanda dengan teman

Cara berikutnya adalah dengan bercanda dengan teman. Ini biasanya juga ampuh menjadi pengusir kantuk. Karena asik bercanda, tak terasa kantuk pun hilang dan pikiran kembali fresh seperti semula.

7. Perhatikan orang lain yang sedang mengantuk

Cara ampuh yang terakhir adalah dengan memperhatikan orang lain di sekitar Sahabat Puan yang juga sedang terserang kantuk. Perhatikan terus apa yang terjadi dengan orang itu. Mungkin yang terlihat kepala orang itu akan terangguk-angguk seperti tak bertulang, kemudian diangkat lagi. Atau kadang malah seperti terkejut dan liurnya meleleh. Dan banyak lagi polah mereka yang akan membuat Sahabat Puan mesem-mesem, bahkan mungkin bakal tertawa. Alhasil, setelah melihat kelakuan lucu mereka yang sedang terserang kantuk itu, dengan sendirinya Sahabat Puan tidak akan mengantuk lagi. Percayalah!

Demikian tips berharga dari puan.co kali ini. Silakan diingat ketujuh tips bermanfaat ini dan sebarkan kepada teman-teman yang lain. Jadi, mulai sekarang, tak perlu takut lagi diserang kantuk.

 

Sumber : Komunitas Perbincangan Perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *