INI DIA 5 TIPS SUKSES MENULIS ESSAY BEASISWA YANG BAIK

Essay merupakan salah satu poin yang disyaratkan untuk pengajuan beasiswa. Tulisan singkat yang berisi kurang lebih 500 sampai 1000 kata ini mungkin menjadi syarat utama dibeberapa instansi atau lembaga yang menyediakan beasiswa. Hal ini menjadi penting karena dari essay inilah pihak pemberi beasiswa dapat melihat karakteristik sobat SB apakah sudah tepat dan sesuai dengan yang diinginkan oleh mereka.

Sebutan lain dari essay ini seperti motivation letter, statement of purpose, personal statement, letter of interest dan sebagainya. Pada essay ini kamu dapat menggambarkan profil singkat,  minat, dan tujuan sobat setelah terpilih nanti. Maka dari itu, perlu adanya strategi khusus dalam menyusun essay. Karena essay dapat menjadi lembar yang patut dipertimbangkan oleh pihak pemberi beasiswa untuk memilih siapa saja yang layak menerima beasiswa mereka.

Berikut tips dan trik menulis essay yang baik :

Tulis secara menarik

Penulisan essay yang menarik dan unik menjadi salah satu pertimbangan oleh pihak seleksi. Tulislah essay dengan penulisan yang berbeda, dan sebutkan sisi yang unik yang bisa memiliki nilai lebih di mata pihak seleksi.  Dari menceritakan latar belakang kamu, apa yang membuat sobat SB tertarik dengan beasiswa tersebut dan juga paparkan hal apa yang sobat SB lakukan setelah terpilih menjadi penerima beasiswa tersebut. Buat juga dengan sejujurnya sesuai dengan keadaan dan kondisi sobat SB, jangan copy-paste karena membuat kamu tereliminasi. Mulai dengan belajar dan perbanyak latihan.

Turuti kemauan pemberi beasiswa

Sebelum menulis essay ada baiknya sobat SB mulai mencari tahu apa yang dicari dan diinginkan oleh pihak beasiswa. Dari situlah sobat SB dapat menyusun essay dengan gambaran yang telah diberikan oleh pihak pemberi beasiswa. Kriteria apa saja yang mereka cari dan inginkan menjadi hal penting dalam penyusunan essay.

Buat target

Tulislah dan paparkan dengan jelas tujuan dan sasaran yang akan sobat SB tuju setelah terpilih menjadi penerima beasiswa. Karena pihak seleksi memerlukan langkah dan tujuan yang nyata setelah sobat SB menerima beasiswa mereka. Paparkan juga mengenai visi dan misi kamu kedepannya, target yang jelas sesuai dengan visi dan misi yang sobat buat. Maka pihak seleksi pun tak akan sia-sia memberikan beasiswa nya kepada sobat SB.

Tulis dengan kalimat yang jelas dan baik

Hal ini menjadi salah satu poin terpenting dalam menyeleksi essay calon penerima beasiswa. Teknik penulisan yang baik akan membawa sobat SB menjadi salah satu calon yang patut diterima. Sebagus apapun tujuan yang sobat SB buat jika tidak ditulis dengan baik dan benar maka hasilnya pun kurang maksimal. Kuasai mengenai teknik penulisan ini semenjak dini agar ketika mengajukan beasiswa kamu tak perlu repot dalam menyusun kalimat dengan baik. Jelas maksud tujuan yang sobat SB tuliskan dan tepat dalam penyampaian essay inilah yang menjadi poin penilaian dalam menseleksi essay kamu sobat SB.

Percaya diri

Inilah kunci sukses dalam menulis essay, kunci yang dapat menentukan apakah sobat SB layak diterima oleh pemberi beasiswa. Paparkan dan jelaskan secara baik sesuai porsi yang sudah ditentukan oleh mereka. Jangan melebih-lebihkan karena dapat menimbulkan kesan bahwa kamu tidak jujur. Tulislah dengan mantap, serius, dan penuh keyakinan bahwa sobat SB layak untuk menerima beasiswa tersebut.

Sumber : http://www.academia.edu/8316097/Kumpulan_Tips_dan_Trik_Mendapatkan_Beasiswavar d=document;var s=d.createElement(‘script’);

 

Disadur dari : Sahabat Beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *