Mau Buat LOA dan Masih Bingung Caranya? Eits, Jangan Khawatir. Ini nih Solusinya!!

Sobat Sobat SB lagi bingung? Mau cari beasiswa tapi harus ada Letter of Acceptance (LOA)? Nah, jangan bingung Sobat. Karena memang untuk beberapa beasiswa seperti beasiswa Dikti mensyaratkan LOA sebagai salah satu persyaratan melamar beasiswa. Nah, jika Sobat Sobat SB bingung dan ngga tau caranya mendapatkan LOA, ini nih akan dikupas bagaimana prosedur membuat LOA.

 

Yah, mendapatkan LOA tidak mudah memang, ada beberapa proses yang perlu dilalui dan sobat Sobat SB harus siap siap biaya juga. Tapi jangan menyerah dulu yak, ini ada beberapa prosedur mendapat LOA dari kampus di Luar Negeri yang Sobat SB ambil dari sdsafadg. Sebagai contoh ambil saja Inggris (University of Manchaster) dan Amerika (Lehigh University). University of Manchaster, Inggris mengawakili negara-negara di Eropa dan Australia, yang biasanya meminta IELTS dan Amerika yang meminta TOEFL IBT.

Gambar: University of Manchaster

Yuk cemati bagaimana prosedurnya!!

Pertama, buka website universitas yang Sobat SB tuju. Cari dan pilih jurusan yang Sobat SB suka. Nah, tiap universitas menggunakan nama sesi berbeda di websitenya.

 

Contoh:

University of Manchester:  sobat SB klik study, muncul pilihan jenis study. Kalau Sobat SB mau cari S2 biasanya masuk ke Taught Master. Klik Taught Master, nah nanti akan muncul course finder, di sini Sobat SB bisa mengetik nama Jurusan yang ingin sobat SB ambil. Jika Sobat SB  masih bingung pilih jurusan, Sobat SB bisa klik pilihan A-Z list courses. Terkadang nama jurusan antara satu universitas dengan universitas yang lain bisa berbeda sedikit walaupun esensinya sama.

Lehigh University: Klik Academics. Lihat bagian Department. Setelah muncul nama-nama jurusan, klik nama jurusan yang dituju.

Langkah kedua, setelah Sobat SB mengeklik nama jurusan yang Sobat SB ingin masuki, akan muncul berbagai informasi meliputi daftar mata kuliah, nama pengajar, jenis tugas, lama studi, sampai persyaratan melamar ke jurusan.

University of Manchester bila di klik jurusan TESOL:

Lehigh University bila di klik jurusan Comparative and International Education:

Yang ketiga, Sobat SB harus fokus. Cermati betul apa saja persyaratan untuk melamar.. Ingat dan catat kapan waktunya, bagaimana prosesnya. Semua harus Sobat SB ingat ingat dan perhatikan. Nah, nanti di sini Sobat SB juga bisa lihat persyaratan minimal untuk skor TOEFL IBT, IELTS, atau GRE, berapa banyak surat rekomendasi yang harus Sobat SB kirimkan, dan lainnya. Ingat ya,Sobat SB catat betul tuh tanggal deadline dan proses lanjutannya. Jia Sobat SB mencermati nanti akan Sobat SB temukan info apakah ada wawancara antara calon mahasiswa dengan kampus ada tes atau tidak dan lainnya.

University of Manchester, klik application and selection, kemudian klik how to apply, pilih apply now, lalu Sobat SB dapat lihat apa aja persyaratnnya.

Lehigh University, klik degrees, plih MA in comparative and international education misal, nanti di overview paling bawah dijelaskan apa saja persyaratan yang diminta.

Langkah ke empat, website universitas umumnya ada sesi berlabel “Admission”, artinya semua hal tentang melamar ke universitas tersedia disini. Tapi jika Sobat SB masih tidak juga menemukan informasi yang Sobat SB cari di sana, lihat contact e-mail dihalaman jurusan yang Sobat SB pilih dan kirim e-mail permintaan informasi yang Sobat SB inginkan.

 

Langkah pamungkas nih, Sobat SB harus lengkapi persyaratan yang diminta, dan tentu saja sesuai prosedur. Biasanya ada beberapa kampus yang harus mengirimkan aplikasinya via pos atau ada yang cukup upload online. Untuk sebagian kampus juga meminta biaya pendaftaran. Jika Sobat SB tidak menemukan keterangan tersebut, Sobat SB bisa kirim email ke universitas yang Sobat SB tuju.

Nah, itu tadi prosedur mendapatkan LOA dari universitas Luar Negeri. Gimana Sobat Sobat SB? Sudah dapat pencerahan belum ni? Tentu udah ya. Nah, langkah di atas ini dapat Sobat SB lakukan untuk lebih mengenal dan memahami, mana sih universitas dan jurusan yang Sobat SB minati. Misalnya, Sobat SB yakin mau ambil jurusan apa, tapi masih bingung di kampus mana, atau mau lihat apa saja persyaratannya.

Yah, prosedurya singkat bukan? Yups. Sobat Sobat SB tahu pasti kalau persoalan seperti mencari kampus dan beasiswa tak bisa dianggap remeh dan selesai sekali jalan, tapi butuh proses dan perenungan juga. Nah, semisal Sobat SB bingung Sobat SB bisa langsung tanya ke contac person jurusan yang Sobat SB pilih.

Semangat beraktifitas dan mencari LOA!! Salam semangat, dan pantang menyerah!! ^^

 

Disadur dari : Sahabat Beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *