Komunitas Perupa Jatim Gelar Pameran Awal Tahun, Setelah Surabaya akan ke Jakarta dan Amerika

Komunitas Perupa Jawa Timur (Kopertaji) menggelar pameran awal tahun bertajuk Local Wisdom. Acara berlangsung di Kawasan Seni Rupa Surabaya, Jalan Darmokali 14, Surabaya.

48 pelukis menampilkan masing-masing dua karyanya, selama 15 hari, mulai Minggu (20 Januari 2019) hingga Minggu (3 Januari 2019).

Muit Arsa, Ketua Umum Komunitas Perupa Jawa Timur (kopertaji) mengatakan, tema besar acara bertujuan untuk mengingatkan pentingnya menjaga dan melestarikan nilai nilai kearifan lokal.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap turut berperan menjaga warisan leluhur dengan cara kami sebagai pelaku seni. Rencananya usai Surabaya, pameran akan berlangsung di Jakarta dan Amerika,” katanya, Senin (21/1/2019) di acara pameran.

Muit Arsa mengatakan total 96 lukisan disajikan berbagai aliran mulai realis hingga abstrak, meski yang diangkat adalah tema tradisional Indonesia.

Kopertaji sengaja meminta para pelukis untuk membuat karya dengan ukuran tidak terlalu besar 40 sentimeter kali 40 sentimeter sebagai tantangan lain, selain ide Local Wisdom sebagai tema besar.

“Lukisan kali ini memang tidak terlalu besar, suatu ketika Koperjati akan membatasi pelukis pada ukuran 5 sentimeter kali 5 sentimete. Karena akhir tahun lalu kami sudah buat pameran lukisan dengan ukuran besar 10 meter,” tambahnya.

Sumber : Tribun Surabaya
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *