Bandung Youth Forum, Wadahnya Para Komunitas di Kota Bandung yang Punya Segudang Kegiatan

Sejak dulu, Kota Bandung sudah dikenal sebagai kota yang kreatif dalam berbagai bidang.

Tidak hanya jago di bidang kuliner maupun fesyennya, Kota Kembang ini juga punya segudang aspirasi bagi berbagai komunitas.

 Salah satu bukti nyatanya adalah Bandung Youth Forum (BYF) yang telah terbentuk sejak 2014.

Forum yang diisi anak-anak muda ini, memiliki misi dalam mewadahi kegiatan para komunitas yang ada di Bandung nih Tribunners!

Para komunitas yang tergabung di forum mereka terdiri dari berbagai bidang yang meliputi Sosial, Kesehatan, Hobi, Kebangsaan, dan Seni dan Budaya.

Nah, sebelum membahas bentuk kegiatan BYF itu seperti apa, baiknya kita mengenal terlebih dulu profil dari mereka yuk!

Perintis Bandung Youth Forum (BYF), Yanto Sofyan Aldzaky (30) menceritakan, terbentuknya BYF ini, berawal dari rasa simpati mereka terhadap beberapa komunitas di Bandung yang kurang mendapatkan dukungan dana, untuk melakukan serangkaian kegiatan.

“Kami sering melihat beberapa komunitas berbagai Bidang ini tuh sering mengadakan kegiatan sendiri, tapi tanpa suport dana dari pemerintah. Karena ada rasa simpati, saya dan teman-teman lainnya sepakat untuk merapatkan Barisan ke Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora). Tujuannya adalah memprsatukan beberapa komunitas di kota bandung dan mewadahi kegiatan mereka,”ujar Yanto kepada Tribun Jabar, ditemui di kantor Dispora Kota Bandung, Selasa (22/1/2019) siang.

Lanjut kata Yanto, saat tiba di Dispora ia dan temannya bertemu langsung dengan Kabid Pembinaan Pemuda, Sony Teguh Prasetya. Sony teguh pun sangat merespon baik dengan usulan mereka.

“Kami pun direspon baik oleh beliau. Kemudian Kabid Pembinaan Pemuda Dispora ini langsung terjun mendata beberapa komunitas yang ada di kota Bandung. Nah, dari sanalah kami pun berinisiatif membentuk BYF ini pada 2014 lalu,” jelas Yanto.

Untuk tempat kumpul anggota BYF ini, Yanto mengatakan, tidak terpaku di satu tempat saja. Bisa di warung kopi maupun di jalanan.

“Kalau basecamp kami difasilitasi oleh Dispora Kota Bandung, yaitu di Gedung PELTI Dispora Kota Bandung, Jalan Tamansari No 76. Di sana, kami sering kumpul setiap Sabtu dan Minggu saja. Kalau untuk kumpul di luar, kadang seminggu sekali ataupun sebulan sekali,” kata Yanto.

 Berbicara tentang kegiatan mereka, BYF ini punya segudang kegiatan yang berhubungan dengan komunitas lho. Kegiatan yang cukup rutin adalah ‘Ngabako’ ngarobrol bareng komunitas untuk membahas rencana BYF kedepan.

Selain itu, BYF turut mengadakan acara maupun kegiatan yang dilakukan bersama komunitas di forum mereka.

Di antaranya adalah kegiatan sosial saat bencana di Garut, bebersih masjid, gerakan punggut sampah, gerakan Dakwah on the road, penyuluhan kesehatan reproduksi (Narkoba dan Hiv Aids), dan pagelaran Drama Musikal Balukarna.

“Kami juga pernah mengadakan even yang cukup besar yang bertajuk Youth camp di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada Desember 2018 lalu. Lalu yang terakhir pembentukan Kader muda BYF di kota Bandung pada tahun yang sama,” ujar Yanto.

Berjalan empat tahun lamanya, saat ini BYF telah memiliki 100 komunitas lebih yang tergabung di forum mereka.

Sebanyak 50 hingga 60 komunitas di forum mereka terbagi di beberapa sektor, seperti yang telah disebutkan di atas.

“Untuk anggota baru atau komunitas yang ingin bergabung di BYF ini, kami punya beberapa syarat tertentu. Yakni, komunitas baru harus punya sistem kerelawanan tinggi dan Kepedulian terhadap masyarakat, itu saja,” jelas Yanto.

Agar makin jelas, kamu bisa kunjungi mereka di akun Intagram @bandungyouth, atau datang langsung ke Dispora Kota Bandung di Bidang Pembinaan Pemuda & Olah Raga.

Sumber : Tribun Jabar.
Penulis: Fasko dehotman
Editor: Ichsan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *