Exirec : Komunitas Pecinta Reptil dari Klaten

Komunitas Pecinta Reptile Klaten bernama Exirec menjadikan lokasi Car Free Day (CFD) untuk pengenalan hewan-hewan jenis reptile ke masyarakat.

Komunitas tersebut membawa beberapa reptile peliharaan anggotanya untuk dikenalkan ke masyarakat yang datang ke CFD Klaten.

Hal ini diungkap oleh salah seorang anggota Exirec bernama Yudistira (24) saat ditemui di kawasan CFD di Jalan Pemuda Klaten pada Minggu (27/1/2019) pagi.

“Kalau di CFD kita lebih ke kumpul-kumpul, terus paling pengenalan ke masyarakat. Pengenalan singkat aja sih biar masyarakat tahu lah reptile bisa jadi hewan peliharaan,” ujar Yudistira.

Agenda berkumpul atau gathering di CFD ini pun dilakukan rutin dua kali dalam sebulan.

“CFD kita jadwalnya sebulan dua kali. Minggu kedua dan minggu keempat,” tambahnya.

Di CFD kali ini, para anggota pecinta reptile ini pun terlihat membawa beberapa jenis ular.

Dari pantauan Tribun Video, terlihat beberapa masyarakat pun datang menghampiri booth Exirec.

Selain hanya melihat-lihat ular yang dibawa para anggota Exirec, beberapa dari mereka pun juga berfoto bersama ular tersebut.

Yudistira mengaku, agenda pengenalan di CFD ini pun terkadang menarik beberapa warga untuk membeli hewan reptile tersebut.

“Dulu pernah ada yang tanya harga. Tapi yang biasanya kita bawa tuh (reptile, -red) kesayangan lah, jadi nggak di jual,” paparnya.

Selain di CFD, komunitas pecinta reptile di Klaten ini pun juga melakukan edukasi di sekolahan, bahkan mereka pun pernah sampai ke panti asuhan.

“Kalau edukasi kita ke sekolah-sekolah. Kalau edukasi kita lebih prefer ke reptile lokal. Jadi masyarakat tahu lah sama reptile-reptile lokal,” ujarnya.

Komunitas yang sudah terbentuk sejak 8 tahun lalu itu kini memiliki hampir 50 anggota pecinta reptile dari berbagai usia.

 

Sumber : Tribun

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *