Komunitas Peduli Lingkungan Desa Aik Ketekok

Pemerintah Desa (Pemdes) Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, kamis (7/2/2019) sudah membentuk komunitas peduli lingkungan Desa Aik Ketekok. Saat ini komunitas sedang merekrut remaja, anak muda di Desa untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, agar tak terjadi permasalahan sampah.

Komunitas itu dibuat sebagai bentuk sekaligus untuk memberi motivasi serta kesadaran masyarakat Belitung akan kecintaan terhadap lingkungan. Tentunya program tersebut dicetus, sebagai aksi sosial masyarakat Desa Aik Ketekok.

“Ini sengaja kami buat untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, agar peduli terhadap lingkungan. Jadi kami di komunitas ini ada kegiatan bersih – bersih Desa, dan itu dilakukan setiap hari jumat,” kata Kepala Desa Aik Ketekok Antoni kepada posbelitung.co, kamis (7/2/2019).

 Kata Antoni, komunitas tersebut juga dibentuk untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat. Terutama yang belum menyadari tentang pentingnya kebersihan dan kecintaan terhadap lingkungan.

“Ini supaya, apabila ada masyarakat yang belum sadar tentang peduli lingkungan, melalui ini kami berikan kesadaran. Apa mereka tidak malu, kepala Desa membersihkan pekarangan rumah mereka,” ujarnya.

Saat ini komunitas itu sudah beranggota tujuh orang, dan masih terus berupaya untuk merangkul berbagai kalangan di Desa Aik Ketekok. Tentunya melalui komunitas ini, sangat diharapkan bisa mewujudkan lingkungan yang nyaman, tertib serta indah.

“Apalagi Belitung sekarang sudah menjadi daerah pariwisata, istilahnya pariwisata ini harus didukung dengan kebersihan, malu lah daerah kita kalau dilihat dari wisatawan kotor dan tidak tertata dengan baik,” ujarnya.

Selain melakukan pembersihan, lanjut dia, komunitas ini juga sering menanam pohon, agar Desa tersebut terlihat indah dan kelestarian tetap terjaga.

“Kami berharap ini mendapat respon positif dari masyarakat di Desa Aik Ketekok sendiri. Tentu nya sekarang kami mulai berbenah,” pungkasnya.

 

Sumber : Tribun Belitung.
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *