Forum Berbagi Ilmu Indonesia (FBII) : Berbagi, Terapkan, Rasakan

(RIAUPOS.CO) – Forum Berbagi Ilmu Indonesia (FBII) adalah sebuah komunitas yang bergerak dibidang kemanusiaan di Provinsi Riau. Komunitas yang didirikan oleh Ivan Oktabi, Dwi Ade Amarta, dan Tri Fuji Anggaraini sudah berdiri sejak 6 November 2018. Meski masih tergolong muda, FBII sudah memiliki kurang lebih 52 anggota aktif.

Terbentuknya komunitas ini dilatarbelakangi oleh kepedulian para founder terhadap pemerataan pendidikan semua anak di Indonesia, khususnya provinsi Riau. FBII menunjukkan kepeduliannya dengan mengajar ke daerah-daerah yang masih sulit dijangkau keberadaannya. Bukan hanya sekedar mengajar, komunitas ini juga turut memberikan bantuan berupa alat tulis, baju sekolah, buku pelajaran, buku tulis dan hadiah-hadiah khusus lainnya untuk menarik semangat para siswa di sekolah yang mereka kunjungi.

“FBII ingin menjadi wadah dan fasilitator untuk para relawan yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. Selain bisa mengajar ke daerah-daerah, para relawan di komunitas ini juga bisa menikmati keindahan alam yang jarang kita temui di perkotaan. Tentunya ini akan memberikan pengalaman dan wawasan baru. Jadi selain memberikan kebaikan untuk orang lain, kita sendiri juga turut merasakan kebaikan,” ujar Ade selaku sekretaris umum FBII

Hingga saat ini, FBII sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif di bidang kemanusiaan. Seperti ruang bakti pendidikan vol 1 di desa Simpang Raya tepatnya di Yayasan Pendidikan Islam Sirojuttholibin SD dan MTS dan ruang bakti pendidikan x ruang bakti masyarakat vol.2 di desa Batu Sanggan Kampar Kiri Hulu, tepatnya di SD dan SMP Satu Atap. Baru-baru ini FBII juga turut mengadakan aksi penggalangan dana untuk korban bencana tsunami Lampung dan Banten. Tak sampai disitu, FBII juga membuka taman baca untuk anak jalanan di Jalan Soehatta setiap minggunya.

Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, FBII ingin memberikan perubahan positif bagi tempat-tempat yang dikunjungi. Bukan hanya untuk siswa dan sekolah, namun juga bagi desanya. Terbukti disetiap kunjungannya komunitas ini turut memberikan bantuan barang seperti Al-Quran dan bantuan alat-alat kebersihan.

Kedepannya FBII akan segera melaksanakan ruang bakti pendidikan vol 3 dan ruang bakti masyarakat. Rencananya komunitas ini juga akan menyambangi beberapa sekolah di 12 kabupaten kota di Provinsi Riau. Serta memperluas jangkauan taman bacanya di beberapa titik baru.

“Kami berharap kegiatan positif yang kami lakukan dapat melahirkan komunitas-komunitas serupa yang turut serta dalam meningkatkan taraf pendidikan dan pemerataaan untuk seluruh anak di Indonesia. Selain itu besar pula harapan kami semakin banyak volunteer dan donatur yang ikut peduli dan turut serta membantu,” tutup Ade.(azr)

 

Sumber : Riau Pos

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *