Community Workshop Creative Teaching Class Bersama 1000 Guru Jogja

Platform Aktivitas Komunitas Sebangsa kembali menyelengarakan program Community Workshop pada Rabu, 6 Maret 2019 kemarin di Pandega Sakti No.3, Depok, Sleman. Kali ini, community workshop mengambil tema Creative Teaching dengan menggandeng komunitas 1000 Guru Jogja menjadi fasilitator kegiatan. Adapun dari 1000 Guru Jogja diwakili oleh Kak Taufiq dan Kak Ajeng selaku tim kreatif 1000 Guru Jogja.

Acara ini dibuka dengan mengenalkan produk Sebangsa network yaitu Komunita.id, aplikasi Sebangsa, dan Arena.id. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Andri Wardhana selaku GM Operations dari Sebangsa Network dan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Pada kelas ini dibagi menjadi dua termin. Termin pertama adalah penjelasan terkait Creative Teaching ala 1000 Guru Jogja  kemudian termin kedua adalah praktek.

Sebelum memulai penjelasannya, Kak Taufiq dan  Kak Ajeng menjelaskan sejarah 1000 Guru kemudian dilanjut memperkenalkan 1000 Guru Jogja divisi dan program-programnya. Memasuki materi, diberi penjabaran bahwa ada 3 hal yang selalu ditekankan oleh 1000 Guru Jogja terkait pembelajaran dalam kelas. 3 hal tersebut adalah aktif, kreatif, dan efektif. Selain itu pembelajran yang dilakukan oleh 1000 Guru Jogja terbagi menjadi indoor dan outdoor. Biasanya baik dalam indoor maupun outdoor disisipi oleh game dan ice breaking. Menciptakan kedekatan kepada anak juga diperlukan dalam melakukan proses pembelajaran. Kedekatan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara misal, deep conversation secara 4 mata kepada anak, atau memanggil anak dengan cita-citanya.

Termin kedua diisi praktek, peserta diajari cara ice breaking yang khas oleh 1000 Guru Jogja.

Setelah termin kedua selesai, para peserta berfoto dengan pembicara.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *