Peduli Bumi, Sejumlah Komunitas Kerja Bakti Bersih Sampah di Pantai Parangkusumo

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Sebagai ungkapan kepedulian terhadap kelestarian Bumi, sejumlah komunitas dari dalam dan luar negeri ikut dalam aksi kerja bakti bersih sampah di sepanjang pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Minggu (10/3/2019).

Mereka terlihat antusias, penuh semangat, memunguti satu persatu sampah plastik yang berserakan di antara sampah ranting Bambu.

Sampah plastik itu kemudian dimasukkan kedalam karung dan diangkut menggunakan Jeep.

Ketua Panitia, Budianto mengatakan kegiatan kerja bakti rawat Bumi sengaja digagas untuk mengaktivasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tergugah peduli terhadap sampah.

Menurut dia, sampah merupakan permasalahan bersama. Bukan hanya di Indonesia tetapi diluar negeri.

Sejumlah komunitas dari dalam dan luar negeri ikut dalam aksi kerja bakti bersih sampah merawat bumi di pantai Parangkusumo, Bantul, Minggu (10/3/2019)
Sejumlah komunitas dari dalam dan luar negeri ikut dalam aksi kerja bakti bersih sampah merawat bumi di pantai Parangkusumo, Bantul, Minggu (10/3/2019) (TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin)

“Bumi sebagai tempat tinggal manusia saat ini mengalami masa kritis karena sampah. Ini problem besar yang harus segera ditangani. Ayok kita peduli dan pikirkan sampah ini bersama-sama,” kata Budianto, ditemui dilokasi bersih sampah.

Ada sejumlah komunitas yang ikut dalam kerja bakti ini.

Antara lain dari Bank sampah Moro Resik Pajangan, Karyawan PT Dowa, Komunitas Buku Berbagi, Komunitas Jeep Wisata Parangtritis, Komunitas Trail Parangtritis, Komunitas Tani Bantul dan segenap warga masyarakat setempat.

Bukan hanya komunitas dari dalam negeri, aksi bersih sampah untuk merawat bumi ini juga diikuti oleh sebelas mahasiswi dari University of Applied Sciences Landshut, Jerman.

Mereka tampak senang berbaur bersama komunitas lain, ikut dalam gerakan membersihkan sampah plastik di Pantai Parangkusumo.

Selain bersih sampah, aksi merawat bumi ini juga dibarengi dengan serangkaian kegiatan seperti donasi buku, sosialisasi pengelolaan sampah dan workshop upcycle, dimana memanfaatkan barang-barang bekas atau sampah menjadi suatu benda yang memiliki nilai manfaat lain. 

Sumber : Tribun Jogja.
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Ari Nugroho

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *