Berbagi Cerita Kura-kura Peliharaan, Komunitas Ini Sebut No Eksploitasi

Suara.com – Berbagi Cerita Soal Kura-kura Peliharaan, Komunitas Ini Sebut No Eksploitasi.

Jika pecinta atau pemelihara binatang biasanya memilih kucing atau anjing sebagai binatang peliharaan. Selain berbulu lembut, kedua hewan tersebut juga penurut.

Tapi beda halnya dengan para penggiat di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia (KPKI). Seperti namanya, anggota komunitas tersebut memilih kura-kura si binatang bercangkang sebagai hewan peliharaan kesayangan.

Kata Christine dari KPKI, kura-kura juga bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan. Meski tampak kerap pelanga-pelongo dan diam-diam saja, Christine percaya kalau kura-kura juga dapat dididik dan cukup mengerti tentang siapa dirinya.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia ata KPKI. (Dok KPKI)
Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia ata KPKI. (Dok KPKI)

“Kura-kura itu eksotik. Lihat coraknya, kita jadi suka. Sebenarnya sih, kura-kura sama seperti kucing atau anjing kalau dipanggil menghampiri, bisa diajarkan sistem begitu. Nama mereka (kura-kura) mungkin juga tahu, mereka mengerti,” kata Christine saat ditemui Suara.com beberapa waktu lalu.

KPKI sendiri dibentuk pada Agustus 2014 lalu. Dari yang awal jumlah anggotanya bisa dihitung jari, kini KPKI memliki jumlah anggota sampai ribuan orang dari seluruh Indonesia.

KPKI juga memiliki banyak cabang di kota lain seperti Bogor hingga Surabaya. “Kami berusaha berkembang mencari teman mengadakan acara. Lama-lama anggota semakin banyak.”

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia ata KPKI. (Dok KPKI)
Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia ata KPKI. (Dok KPKI)

Meski tak memiliki jadwal bertemu mingguan, tapi KPKI getol membuat acara-acara besar untuk berkumpul bersama. Namun tetap menjaga silaturahmi, sharing perawatan dan perkembangan peliharaan di grup media sosial.

Moment kopi darat terbesar mereka adalah saat lebaran, tahun baru dan acara ulang tahun komunitas.

Di luar itu, KPKI juga terlibat aktif dalam kampanye larangan eksploitasi kura-kura khususnya yang langka serta edukasi tentang cara pemeliharaan kura-kura yang baik dan benar.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia ata KPKI. (Dok KPKI)
Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia ata KPKI. (Dok KPKI)

“KPKI adalah komunitas yang tidak mengadakan jual beli kura-kura. Kalau anggota memposting suatu dan berinteraksi seperti jual beli, kami menolak,” tambahnya.

Dengan begitu, kata Christine, ia dan para anggota KPKI lainnya ikut serta dalam gerakan pelestarian kura-kura di Indonesia.

Dan jika Anda tertarik untuk bergabung komunitas pecinta kura-kura ini, Anda tinggal datang saja ke acara KPKI yang biasanya disebarkan lewat akun Instagram resmi mereka, @kpki_official.

 

Disadur dari Suara

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *