Komunitas Innova Peduli Sungai Musi

JAKARTA, KOMPAS.com – Komunitas pengguna Toyota Innova yang tergabung dalam Innova Community (IC) menyelenggarakan ajang kopdar Sumatera 2019 pada 7 sampai 9 Maret lalu.
Kopdar ketiga ini mengkonsentrasikan seluruh kegiatan di sekitaran sungai Musi, kota Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan ini diikuti 492 anggota IC beserta keluarga dari chapter IC Sumatera dan Jabodetabek.
Tidak lupa mereka juga mengajak anggota komunitas lain untuk ikut bergabung dengan total 175 unit Innova. Selama perjalan konvoi ke tujuan, anggota IC selalu mentaati peraturan lalu lintas dan tidak menggunakan strobo, sirene dan patwal.
Para peserta bergerak dan berkoordinasi menggunakan radio komunikasi agar tidak mengganggu hak pengguna jalan lainnya. Kegiatan diisi oleh penyuluhan dari Basarnas mengenai kebencanaan dan aspek keselamatan. Terdapat juga kampanye keselamatan berkendara yang diikuti oleh seluruh peserta.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, acara ini juga melakukan pelepasan 40.000 bibit ikan Belida yang dibawa khusus dari Sukabumi Jawa Barat untuk dilepas ke sungai Musi.
Kegiatan lainnya adalah membagikan tempat sampah di sekitar kota Palembang.
“Kegiatan yang beragam ini sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kami dari Innova Community terhadap lingkungan dan pendidikan anak di INdonesia. Dengan adanya kopdar akbar Sumatera ini kami harapkan bisa mempererat hubungan persaudaraan antar anggta dan berguna bagi lintas komunias, masyarakat dan lingkungan,” ucap Ketua Umum IC Pusat Nugraha Reza.
Acara ditutup dengan melanjutkan program literasi ke sekolah “Laskar Pelangi” Madrasah Banyuasin di desa Jejurung, Banyuasin. Madrasah ini didirikan pada 2009 dengan swadaya masyarakat setempat. IC memberikan sumbangan berupa buku pendidikan, alat tulis, peralatan sekolah dan ibadah, alat peraga dan alas untuk melapisi lantai tempat belajar mengajar.

Penulis : Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Sumber : Kompas Otomotif.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *