Komunitas Nurul Quran Istiqlal (NQI) Loa Bakung Rayakan Milad ke-10

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG – Sekitar seratus ibu muslimah yang tergabung dalam komunitas Nurul Quran Istiqlal (NQI) Loa Bakung merayakan milad ke-10 di Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong, Minggu (10/3/2019).

Komunitas ibu mengaji Al-Quran ini menggelar acara muhasabah, pengajian hingga diselingi game menarik. Milad NQI kali ini mengusung tema Eratkan Ukhuwah, Tebar Manfaat, Raih Ridha-Nya dan Gapai Surga-Nya.

“Pengajian yang digagas para pendiri NQI ini memang fokus menyasar ibu-ibu. Karena ibu sebagai madrasah (sekolah) bagi anak-anaknya. Pendidikan pertama anak-anak itu didapat dari ibunya,” kata Ustadzah Enis Saudah, Ketua NQI Loa Bakung. Dalam NQI ini, para ibu diajari mengenal huruf hijaiyah, lalu menyambung per kata hingga jadi kalimat. Setelah itu, lanjut Enis, mereka belajar membaca Al-Quran dengan benar.

“Sebetulnya, komunitas NQI ini juga diikuti remaja putri, cuma jumlahnya hanya beberapa karena fokus kita pada ibu-ibu rumah tangga,” ujarnya. Awal mula NQI terbentuk 10 tahun silam dilatarbelakangi ketika melihat ibu-ibu yang duduk menunggu anak mereka di TK, samping Masjid Istiqlal Samarinda.

“Ibu-ibu ini hanya duduk-duduk saja menunggu anaknya pulang. Sehingga tercetus gagasan dari pendiri NQI kenapa tidak mendirikan TPQ (Taman Pendidikan Quran) khusus ibu-ibu. Alhamdulillah, dari anggotanya semula 4 orang, sekarang sudah bertambah hingga 100 orang lebih. Ini penuh perjuangan, dulu kegiatan kami dimulai dari nol dan sekarang sudah ada saldonya,” tutur Enis.

Terpisah Ketua Panitia Acara Milad ke-10 NQI, Soenarsih mengemukakan, kegiatan kemarin ini merupakan sumbangan bersama para anggota NQI. “Kami sudah mempersiapkan acara ini sejak sebulan lalu. Kami memilih Ladaya karena lokasinya nyaman, banyak pohon rindang dan spot-spot untuk berswafoto,” ucapnya. Kegiatan ini terus berlanjut ke depan. Setelah ini, NQI akan menggelar baksos di bulan Ramadan.

“Kami memang tidak mengandalkan sumbangan dari luar, termasuk bansos. Donaturnya dari anggota NQI sendiri,” kata Soenarsih. Di akhir acara, panitia membagikan hadiah doorprize kepada anggota NQI yang hadir. Para Ustadzah juga mendapatkan bingkisan muk cantik.

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber :Tribun Kaltim.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke konta[email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *