Innova Community Peduli Sungai Musi 2019

Gelaran ketiga INNOVA COMMUNITY KOPDAR AKBAR SUMATERA 2019 telah berlangsung pada tanggal 7 sd 9 maret 2019 di kota Palembang – Sumatera Selatan, bertajuk “INNOVA COMMUNITY PEDULI SUNGAI MUSI 2019”. Kegiatan di ikuti oleh 492 anggota INNOVA COMMUNITY (IC) beserta keluarga dari chapter IC di Sumatera dan Jabodetabek (total 14 Chapter yang terlibat) dan juga di hadiri banyak rekan2 yang tergabung dengan komunitas di luar Toyota dengan jumlah kendaraan total 175 Toyota Innova.

Selama perjalanan konvoi dari daerah masing2, tidak ketinggalan member IC selalu meng-kampanye kan IC GATELL (Gerakan Tertib Lalu Lintas) untuk selalu mentaati peraturan lalu lintas dan tidak menggunakan Strobo, Sirene dan Patwal saat konvoy, serta memaksimalkan penggunaan RAKOM (Radio Komunikasi), sehingga tidak mengganggu hak-hak pengguna jalan lainnya.

Kegiatan diisi oleh penyuluhan dari BASARNAS mengenai kebencanaan dan aspek keselamatan, tidak hanya itu IC juga melaksanakan Safety Driving Campaign yang diikuti oleh seluruh peserta, dan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap lingkungan di Palembang juga dilaksanakan bagi-bagi tempat sampah dan juga pelepasan 40.000 bibit ikan Belida yang di bawa khusus dari Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar (BBPBIAT) Sukabumi – Jawa Barat untuk disebar di Sungai Musi bersama Dinas Pariwisata dan pemerintah Kota Palembang.

“Kami dari Dinas Pariwisata Palembang sangat mendukung kegiatan positif dari Innova Community yaitu Peduli Sungai Musi dengan membersihkan sampah plastick di area sungai , pemberian keranjang sampah dan menebar 40.000 benih ikan di Sungai Musi agar ekosistem menjadi lebih seimbang dan bisa mengembalikan habitat Ikan di Sungai Musi, Karena saat ini populasi ikan di sungai Musi banyak berkurang akibat penangkapan yang tidak terkendali. Sedangkan Sungai musi sebagai ladang mata pencaharian nelayan dan salah satu pusat pariwisata di Palembang. Hal ini sesuai program pemerintah Kota Palembang – Gotong Royong menjaga dan merawat Sungai Musi. Semoga Innova Community bisa melanjutkan kegiatan yang berguna untuk lingkungan baik di Palembang atau di daerah lain.”, ujar Bpk. Agusti. SH.MM. – Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata – Palembang.

Acara di tutup dengan melanjutkan program literasi. Kali ini IC Peduli Literasi membantu salah satu sekolah yang terkenal dengan sebutan sekolah “Laskar Pelangi” Madrasah Ibtidaiyah (MI) Munawarul Fajri. Sekolah Islam itu berada di ujung Kabupaten Banyuasin, tepatnya di Desa Jerujung. Madrasah yang didirikan pada 2009 dari swadaya masyarakat itu menjadi satu-satunya pusat pendidikan resmi yang berdiri di desa setempat. Di sini Innova Community menyerahkan sumbangan berupa buku, alat tulis serta peralatan sekolah dan ibadah, white board, alat peraga pendidikan serta alas untuk melapisi lantai tempat belajar dan mengajar.

CSR yang beragam kali ini sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kami dr Innova Community terhadap lingkungan dan pendidikan anak2 di Indonesia, terutama di daerah yang tertinggal dengan fasilitas sangat minim. Dengan adanya kopdar Akbar Sumatera kami harapkan bisa mempererat hubungan persaudaraan antar member Innova Community, dan berguna bagi anggota IC, lintas komunitas, masyarakat dan lingkungan” Ujar Nugraha Reza – Ketua Umum Innova Community Pusat sekaligus menutup rangkaian acara kali ini.

===============================================================

SEKILAS TENTANG INNOVA COMMUNITY

Innova Community (IC) di bentuk dan di dirikan atas dasar kekeluargaan dan hobby yang sama. Innova Community yang di dirikan sejak tgl. 23 Juli 2006 bertujuan untuk menyatukan seluruh pengguna Toyota Kijang Innova di Indonesia dan luar Indonesia dalam suatu Komunitas.

Saat ini Innova Community sudah memiliki sekitar 3.300 anggota resmi, lebih dari 2.500 anggota mailing list, dan lebih dari 35.000 anggota Facebook Innova Community, lebih dari 28.300 followers IG (Instagram @innovacommunity) dan lebih dari 3.000 followers di twitter @innovacommunity yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Surabaya meliputi kota-kota di Jawa Timur, Yogyakarta, Semarang, Solo termasuk kota-kota di Jawa Tengah, Medan, Palembang termasuk hampir seluruh kota di Sumatra, Palangkaraya, Banjarmasin termasuk beberapa kota di Kalimantan, Makasar dan kota-kota di Sulawesi, Bali, Sorong, Papua dan Kupang. Bahkan anggota Innova Community sudah tersebar sampai di Malaysia, Dubai, Singapore, Amerika, Australia dan India. Dan saat ini Innova Community sudah menjadi bagian dari Innova Asean.

Sejak Innova Community di bentuk, kegiatan-kegiatan internal Innova Community yang rutin diadakan seperti Kopdar (kopi Darat) sekalian Coaching Clinic / gathering antar member dengan tujuan untuk tetap menjaga keakraban dan tali silaturahmi antara anggota, kami juga ada kegiatan eksternal seperti Touring, Balap, Baksos (Bakti Sosial), Olah Raga (Bulu Tangkis, Sepeda dan lain-lain), Service Bareng di Bengkel Resmi Toyota dan lain-lain.

Untuk menjadi member Innova Community (IC), calon member harus memiliki mobil Toyota Innova. Untuk detail pendaftaran dapat mengunjungi website kami www.innovacommunity.org atau untuk mengenal lebih jauh tentang Innova Community dan member IC dapat bergabung di social media kami :

Facebook: innova community

IG: @innovacommunity

Twitter : @innovacommunity

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *