Community Workshop : Ice Breaking bersama Yogyakarta Mengajar

Platform Aktivitas Komunitas Sebangsa kembali menyelengarakan program Community Workshop pada Rabu, 14 Maret 2019 kemarin di Pandega Sakti No.3, Depok, Sleman. Community workshop kali ini mengambil tema Ice Breaking dengan menggandeng komunitas Yogyakarta Mengajar sebagai fasilitator kegiatan. Kak Ester menjadi perwakilan dari Yogyakarta Mengajar untuk mengisi.

Acara ini dibuka dengan mengenalkan produk Sebangsa network yaitu Komunita.id, aplikasi Sebangsa, dan Arena.id. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Andri Wardhana selaku GM Operations dari Sebangsa Network. Acara ini dibagi menjadi dua termin, termin pertama berisi materi sedangkan termin kedua adalah praktek.

Sebelum memulai materi, Kak Ester memperkenalkan Yogyakarta Mengajar. Yogyakarta Mengajar merupakan komunitas kerelawanan yang bergerak dalam pendidikan dengan sasaran anak di Yogyakarta. Terdapat 8 wilayah dan 1 wilayah khusus yang menjadi tempat pendampingan.

Memasuki termin satu, Kak Ester mengajak kita untuk berkenalan dengan tepuk perkenalan. Setiap peserta diminta memerkenalkan diri dan teman sebelumnya. Tepuk perkenalan sebagai berikut “prok. . .prok. . .prok perkenalkan. . .nama saya. . .xx . . .(dilanjut menyebut nama sebelumnya). Setelah saling berkenalan kak Ester menjelaskan terkait ice breaking. Ice Breaking merupakan sebuah cara untuk membuat sasaran berkonsentrasi kembali. Terdapat beberapa hal yang membuat ice breaking bisa dilakukan, seperti ketika peserta belum saling kenal, jenuh, mengantuk, dsb. Kemudian terdapat jenis-jenis ice breaking seperti tepuk, permainan, menyanyi, senam otak dll.

Termin kedua, peserta diajak untuk praktek ice breaking dimulai dengan tarian poki-poki, kemudian dilanjut story telling, dan sharing ice breaking antar peserta.

 Setelah termin kedua selesai, para peserta berfoto dengan pembicara.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *