Tips : 10 Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

Tips kali ini satubumikita akan sedikit membahas persiapan sebelum mendaki gunung.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pendakian memang sangat perlu dilakukan agar saat pendakian, kegiatan berjalan lancar dan tidak terjadi hal diluar dugaan kita. Di bawah ini ada 10 hal yang bisa jadi sangat perlu diperhatikan.

1. Rencanakan perjalanan jauh – jauh hari. Tujuannya, agar pendaki dapat menyiapkan fisik serta kesehatan sebelum waktu keberangkatan. Persiapan fisik dapat dilakukan dengan berolahraga: renang dan joging.

2. Cari informasi sebanyak mungkin soal gunung yang bakal ditandangi. Informasi ini nantinya dapat memberikan panduan kepada para pendaki soal medan pendakian.

3. Buatlah perkiraan waktu perjalanan serta alokasi biaya yang dibutuhkan selama perjalanan. Jangan lupa untuk menyiapkan identitas diri ataupun surat jalan dari kepolisian bagi pendakian besar, seperti ekspedisi.

4. Jangan lupa membawa alat tulis. Dan sebelum berangkat, ada baiknya memberitahukan keluarga atau orang terdekat mengenai rencana pendakian serta gunung tujuan.

5. Siapkan segala perlengkapan dan pakaian yang berguna dalam pendakian. Dan sebaiknya, jangan membawa barang terlalu banyak atau kekurangan. Biasanya, beban barang yang dibawa sepertiga dari berat tubuh pendaki, antara 15 – 20 kilogram.

6. Pastikan membawa kantung plastik di dalam backpack. Dalam perjalanan, kantung ini berfungsi untuk menyimpan sampah, pakaian basah, serta memisahkan baju bersih dengan yang kotor.

7. Perlengkapan P3K wajib dibawa. Minimal obat – obatan pribadi: obat merah, perban, obat batuk, atau obat diare.

8. Siapkan makanan dan air secukupnya untuk konsumsi pribadi. Perlengkapan ini akan sangat dibutuhkan dalam perjalanan menuju kaki gunung, atau kala pendakian.

9. Bawalah makanan dan air ekstra. Tujuannya untuk mengantisipasi cuaca buruk yang menyebabkan waktu pendakian molor.

10. Jangan menggantung barang bawaan di luar backpack. Sebab benda – benda itu bakal menyulitkan langkah sewaktu mendaki

 

Artikel disadur dari Satu Bumi Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *