Komunitas Fire_Land Bandung, Menantang Keganasan Api Lewat Atraksi Fire Dance

Dibentuk sejak 2010, Komunitas Fire_Land Bandung secara khusus memiliki keahlian di bidang tarian api (fire dance).

Pendiri komunitas tersebut adalah Christover Luvy. Ia merupakan Fire Dancer asal Papua yang telah berkecimpung di dunia itu sejak 2005.

Christover menuturkan, tujuannya membentuk Komunitas Fire_Land ini karena ingin membantu tempat-tempat hiburan malam menjadi lebih hidup dengan aktraksi fire dance.

Tak hanya itu, Komunitas Fire_Land juga menjadi wadah para fire dancer di Bandung untuk lebih mengembangkan keahlian mereka.

“Terbentuknya komunitas ini berawal dari kegemaran kami yang bermain fire dance di suatu kelab malam. Karena sering atraksi dan ngumpul bersama, akhirnya kami memutuskan untuk membuat komunitas ini agar menjalin hubungan yang semakin erat,” ujar Christover kepada Tribun Jabar saat dihubungi via Whatsapp, Selasa (25/3/2019).

Kegiatan rutin yang mereka lakukan adalah latihan fire dance bersama setiap seminggu sekali di beberapa taman di Kota Bandung.

“Saat latihan, teknik yang sering kami dalami adalah fire poy, fire bottle, dan fire gerinda. Ketiga teknik itu sebenarnya sama, cuma media yang digunakan berbeda. Ketiganya juga memiliki tingkat kesulitan masing-masing,” kata Christover.

Christover mengaku, salah satu teknik yang banyak dipertunjukan oleh para fire dancer adalah fire bottle.

“Teknik ini dilakukan dengan cara mengabungkan keahlian melempar botol dan semburan api melalui mulut. Tiap gerakan yang dilakukan akan menjadi aktraksi menantang api yang mengikuti alunan musik,” kata Christover.

Selain latihan bersama, Komunitas Fire_Land juga pernah tampil di beberapa stasiun TV swasta, dan beberapa klub malam di bandung maupun di luar daerah.

“Kami paling sering tampil di Amnesia Club Bandung, yakni setiap Sabtu malam,” ujar Christover.

Untuk tempat kumpul mereka, Komunitas Fire_Land mengadakannya di Resto Alluvia, Mall Paris Van Java Bandung (PVJ).

“Saat ngumpul, bahasan kami adalah tentang perkembangan fire dance dan sharing cara penangan pertama saat ada yang cidera. Hampir setiap malam kami ngumpul di sana sekaligus sambil bersantai,” kata Christover.

Telah berjalan kurang lebih 9 tahun, saat ini Komunitas Fire_Land Bandung telah dihuni 20 orang anggota aktif. Rata-rata anggota mereka berasal dari Kota Bandung.

“Bagi yang ingin bergabung di komunitas ini, yang paling penting adalah siap dengan kemungkinan terburuk saat salah melakukan tekniknya, hingga berujung cidera. Karena sebetulnya fire dance ini memang cukup ektrim untuk dilakukan oleh orang awam,” kata Christover.

 

Penulis: Fasko dehotman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Artikel ini disadur dari Tribun Jabar.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *