Senang dan Hobi Seni Bonsai, Yuk Gabung di Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia Bandung

Belakangan ini, penggemar bonsai tengah naik daun. Hal ini karena banyak orang yang tertarik menjadikan pohon mungil tersebut untuk dijadikan hiasan di rumah.

Pohon bonsai sendiri punya karya seni yang dinamakan seni bonsai. Seni bonsai adalah seni dekorasi atau merangkai pohon bonsai yang dibentuk sedemikian rupa.

Seni merangkai obyek hidup ini populer di Jepang sejak lama, dan mulai berkembang di Indonesia sejak tahun era 70an.

Seni bonsai tidak hanya dikerjakan oleh perorangan atau industri kreatif saja, tetapi ada satu komunitas atau persatuan yang secara khusus menggemari pohon bonsai dan berkarya di bidang seni bonsai.

Adalah Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) yang salah satu cabangnya ada di Bandung. PPBI Cabang Bandung sendiri pertama kali berdiri sejak Agustus 1978.

Satu di antara Perintis PPBI Cabang Bandung, Wahyudin Sambas menuturkan, tujuan didirikannya PPBI ini adalah untuk mewadahi dan mengaspirasi pecinta bonsai yang berdomisili di Bandung.

Kehadiran perkumpulan mereka ini yaitu bertugas untuk memberikan wawasan, keilmuan, teknik, mengadakan even kontes, dan kiat pemasaran pohon bonsai.

“Selain ajang kumpul, para pecinta seni bonsai di komunitas kami juga bisa berbagi ilmu dan berbagi pengalaman. Dengan begitu, masing-masing dari kami bisa saling menginspirasi,” ujar Wahyudin kepada Tribun Jabar, ditemui di Pembudidayaan Abadi Bonsai, Jalan Melati Wangi, Bandung Timur, Selasa (1/1/2019) siang.
Jumlah anggota yang aktif di PPBI Cabang Bandung ini, yakni sekitar 600 orang yang tidak hanya berasal dari Kota Bandung saja.

Beberapa di antaranya ada yang tergabung dari Bandung Timur, Bandung Barat, dan Bandung selatan.

“Rata-rata anggota PPBI cabang Bandung diisi oleh semua kalangan, baik itu kalangan dewasa hingga anak muda yang kreatif, mandiri, dan senang berkarya di bidang seni bonsai,” kata Wahyudin.

Untuk tempat kumpulnya, PPBI Cabang Bandung memiliki salah satu basecampnya di Pembudidayaan Abadi Bonsai, Jalan Melati Wangi, Desa Melati Wangi, Bandung Timur.

“Di sana kami sering berkumpul untuk bertukar pikiran, berbagi inspirasi, dan termasuk dalam hal perawatan pohon bonsai sendiri,” ujar Wahyudin.

Adapun Kegiatan yang dilakukan PPBI Cabang Bandung, tidak hanya berkumpul di basecamp saja. Terkadang mereka juga mengadakan kopdar resmi.

“Waktunya tidak menentu, terkadang bisa dua bulan sekali kami mengadakan kopdar resmi. Segi tempatnya kami adakan di beberapa pembudidayaan bonsai, telatnya di kawasan Bandung Raya,” jelas Wahyudin.

Wahyudin menambahkan, PPBI Cabang Bandung juga memiliki sejumlah kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik. Di antaranya adalah kegiatan workshop, kontes penilaian bonsai, dan even besar lainnya yang berhubungam dengan pohon bonsai.

“Dari kegiatan workshop ini, biasanya komunitas kami turut mengundang para peserta yang berasal dari khalayak umum tanpa tarif masuk. Alasan kami tidak ada tarif karena bertujuan untuk sosialisai pembudayaan bonsai ke masayarakat,” kata Wahyudin.

Wahyudin mengatakan, para peserta yang ikut bergabung di workshop mereka, masing-masingnya diajarkan berbagai cara dalam hal seni bonsai.

“Yang paling mendasar adalah Kami ajarkan mereka cara membuat media tanam yang sehat. Media tanam ini terdiri tanah, pasir, dan kompos. Selanjutnya peserta workshop juga mempelajari jenis pohon apa saja yang bisa dijadikan bonsai, teknik memperbanyak pohon bonsai, dan cara perawatannya,” kata Wahyudin.

Khusus kegiatan konstes bonsai, mereka membaginya dari beberapa kelas atau tahapan. Di antaranya yaitu kelas prospek, regional, madya, utama, dan bintang.

“Penilaian kontes tersebut berdasarkan dari gerak dasar, kesehatan, penampilan, keserasian, dan penjiwaan. Kami mengadakan kontes bonsai ini cukup variatif, bisa setiap 4 bulan sekali diadakan,” jelas Wahyudin.

Sedangkan kegiatan even besarnya, PPBI Cabang Bandung pernah mengadakan kompetisi penilai bonsai kelas bintang yang diikuti seluruh Indonesia.

Satu di antaranya yang telah terlaksana adalah Even Gebyar Bonsai Prahyangan yang diselenggarakan di Lotte Mart pada 2015.

Wahyudin berharap, ke depannya PPBI cabang Bandung ini tetap eksis bahkan lebih berkembang dan jumlah anggotanya semakin banyak.

Untuk bergabung di PPBI Cabang Bonsai ini, tidak mesti punya bonsai. Menurut Wahyudin, yang paling utama itu adalah punya rasa senang dan hobi terhadap pohon bonsai.

“Bagi yang ingin bergabung, bisa langsung menghubungi kami di Grup Whatapps. Nomor kontaknya 0813 9546 0729,” kata Wahyudin.
Penulis: Fasko dehotman
Editor: Ichsan
Artikel ini disadur dari Tribun Jabar.
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *