Setelah beberapa bulan tidak beraksi di lintasan balap. Minggu ini, 5-7 April 2019 INNOVA COMMUNITY RACING TEAM (ICRT) beraksi di lintasan sirkuit International Gelora Bung Tomo dalam ajang DRAG SERIES di Surabaya. Menurunkan 3 pembalap : Chiang, Hendra Wijaya dan H. George. ICRT berhasil mendapatkan juara 5 di bracket waktu 10 detik dengan waktu 10.337 detik atas nama om H. George. Untuk om Hendra wijaya, walaupun beliau tidak mendapatkan juara karena break out, tapi berhasil memecahkan record All New Innova tercepat di lintasan 201m dalam ajang drag resmi di Indonesia dengan waktu 9.923 detik.

Tertarik mau buat Innova kita, terutama pemilik All New Kijang Innova (ANKI) bisa secepat Innova ICRT?

Ternyata tidak mudah, “karena innova ini termasuk masih baru, masih sulit untuk mendapatkan performance part-nya, dan masih harus trial and error part mana yang cocok” ujar Chiang, tuner ICRT dari Garage Autowerk – Bandung. Selain itu, ternyata biaya yang dikeluarkan juga tidaklah murah, untuk membangun 1 unit ANKI seperti ICRT membutuhkan sekitar 60-75 juta Rupiah dan menghabiskan waktu sekitar 6 bulan.

Modifikasi yang dilakukan hingga bisa menjadi yang tercepat di Indonesia dalam ajang resmi, dimulai dari sektor mesin.

Di sektor mesin, turbo VNT standar di ganti dengan turbo RHF4 untuk menghasilkan boost lebih besar sekitar 2.2 bar dari sebelumnya 1.2 bar. Header custom equal length buatan Garage Autowerks untuk mengakomodasi turbo yang sudah diganti. Tidak ketinggalan air filter diganti dengan aftermarket berbahan cotton dari K&N dan box filter diganti dengan box custom berbahan alumunium. Lanjut dengan penambahan intercooler dengan custom piping untuk mendinginkan udara bertekanan tinggi yang dihasilkan turbo. Terakhir di sektor mesin, pemasangan custom fuel system dari Garage Autowerks.

Setelah sektor mekanikal sudah selesai, tidak lupa fine tune di bagian eletronikal atau ECU dengan cara remap dan pemasangan piggyabck monstermax dari ECUshop sehingga mesin bisa bekerja lebih baik menyesuaikan dengan modifikasi yang telah di lakukan.

Untuk mengimbangi modifikasi di sektor mesin, supaya mobil lebih mudah di kontrol dan dikendarai. Per standar diganti merk Eibach, shock IMB 2 way adjuster, velg ROTA grip ukuran 8.5 – 9.5 dengan ban bagian depan 235/50/18 dan bagian belakang 275/40/18 TOYO T1s.

Tips dari ICRT, kalau kita sudah modifikasi yang menaikkan tenaga cukup banyak. Jangan lupa pasang beberapa info meter untuk mengetahui kondisi mesin, agar mesin tetap terjaga dan kita bisa antisipasi kemungkinan mesin jebol. Seperti yang di lakukan Garage Autowerks di Innova ICRT, dengan memasang Bost meter, EGT meter, Oil Pressure meter dan Oil temperature meter, semua keluaran autometer. Tidak ketinggalan pemasangan turbo timer dari portman.

Di sisi Exterior, agar penampilan mendukung performa mesin yang sudah meningkat. Kap mesin diganti dengan carbon hood custom buatan Garage Autowerks. Selain tampilan terlihat lebih “racing look“, bobot mobil juga berkurang karena penggunaan kap mesin berbahan serat karbon.

Dari semua modifikasi diatas, tenaga yang dihasilkan dari pengujian di mesin Dyno, sebesar 238.5HP di 4000 Rpm dan torsi 580 NM.. Innova ini sehari-hari masih sanggup menggunakan Bio diesel dengan konsumsi 1:12. Di sini ICRT ingin membangun mobil yang bisa untuk balap tetapi juga aman untuk digunakan harian.

***end***

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

Sisca (ketua Harian) HP / WA : 0878 77992410

===============================================================

SEKILAS TENTANG INNOVA COMMUNITY

Innova Community (IC) di bentuk dan di dirikan atas dasar kekeluargaan dan hobby yang sama. Innova Community yang di dirikan sejak tgl. 23 Juli 2006 bertujuan untuk menyatukan seluruh pengguna Toyota Kijang Innova di Indonesia dan luar Indonesia dalam suatu Komunitas.

Saat ini Innova Community sudah memiliki sekitar 3.300 anggota resmi, lebih dari 2.500 anggota mailing list, dan lebih dari 36.000 anggota Facebook Innova Community, lebih dari 29.000 followers IG (Instagram @innovacommunity) dan lebih dari 3.000 followers di twitter @innovacommunity yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Surabaya meliputi kota-kota di Jawa Timur, Yogyakarta, Semarang, Solo termasuk kota-kota di Jawa Tengah, Medan, Palembang termasuk hampir seluruh kota di Sumatra, Palangkaraya, Banjarmasin termasuk beberapa kota di Kalimantan, Makasar dan kota-kota di Sulawesi, Bali, Sorong, Papua dan Kupang. Bahkan anggota Innova Community sudah tersebar sampai di Malaysia, Dubai, Singapore, Amerika, Australia dan India. Dan saat ini Innova Community sudah menjadi bagian dari Innova Asean.

Sejak Innova Community di bentuk, kegiatan-kegiatan internal Innova Community yang rutin diadakan seperti Kopdar (kopi Darat) sekalian Coaching Clinic / gathering antar member dengan tujuan untuk tetap menjaga keakraban dan tali silaturahmi antara anggota, kami juga ada kegiatan eksternal seperti Touring, Balap, Baksos (Bakti Sosial), Olah Raga (Bulu Tangkis, Sepeda dan lain-lain), Service Bareng di Bengkel Resmi Toyota dan lain-lain.

Untuk menjadi member Innova Community (IC), calon member harus memiliki mobil Toyota Innova. Untuk detail pendaftaran dapat mengunjungi website kami www.innovacommunity.org atau untuk mengenal lebih jauh tentang Innova Community dan member IC dapat bergabung di social media kami :

Facebook: innova community
IG: @innovacommunity
Twitter : @innovacommunity

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *