Komunitas Pecinta Lagu Jadoel Kenang Kembali Musik Era 80-90-an

DEWA 19, Bon Jovi, Duran-duran, Poison, beberapa nama musisi atau grup band yang tenar di era 80 hingga 90an. Namun, seiring jaman, lagu-lagu era 80-90 tetap tidak pernah redup. Hal ini terbukti dengan keberadaan Komunitas Pecinta Lagu Jadoel (KPLJ) di Balikpapan.

Komunitas ini, seperti yang dikemukakan oleh Ketua KPLJ, Agus Novyanto, terbentuk serta dideklarasikan pada 26 September 2014 dibawah naungan Dewan Kesenian Balikpapan (DKB). Dia menyebutkan beberapa alasan dibentuknya KPLJ.

“Sebagai wadah sarana informasi, edukasi, juga memfasilitasi grup-grup band atau musisi yang ingin mengenang kembali lagu di tahun delapan puluh sampai sembilan puluhan. Juga sebagai ajang silaturahmi sesama pecinta lagu jadul,” katanya.

Diungkapkan, jika KPLJ Balikpapan merupakan komunitas resmi. Berbeda, lanjut dia, dengan KPLJ yang ada di Jakarta. Sebab, KPLJ ingin menggabungkan segala komunitas musisi tidak hanya di Balikpapan, tetapi hingga seluruh daerah di Kalimantan Timur.

“Jadi, KPLJ ini bukan komunitas ecek-ecek. Di Jabotabek juga ada komunitas ini, cuma hanya sekadar komunitas sharing saja. Nggak ada melakukan even. Kalau di sini (Balikpapan) kan sampai mengadakan event,” ujarnya saat itu memperlihatkan profil komunitasnya di DKB.

Pada awal terbentuk, Komunitas Pecinta Lagu Jadoel di Balikpapan beranggotakan 150 orang. Saat ini, anggota KPLJ Balikpapan mencapai 300 orang. Dengan usia rata-rata diatas 20 hingga 30 tahun. Termasuk basis Rindra grup band Padi, ungkap dia, salah satu anggota KPLJ Balikpapan.
“Awalnya hanya seratus lima puluh anggota, sekarang sudah tiga ratusan lebih kalau lihat komunitas kita di Facebook. Ada dua puluh band yang menjadi support di KPLJ selama ini,” katanya.

Harapan terbentuknya komunitas lagu jadoel era 80-90an ini, ingin mengenalkan ke seluruh Kaltim serta usia remaja tentang sejarah musik di tahun itu. Sebab, ungkap dia, tidak semua anak di era digital ini mengetahui musik era 80-90an. Tak hanya itu, sebagai wadah untuk memberikan kegiatan pada anak-anak muda agar terhindar dari kegiatan negatif.

“Banyak grup band anak muda yang ingin bergabung di komunitas kita. Tapi kita seleksi, supaya mereka yang masih muda ini terus disibukkan dengan kegiatan positif,” pungkasnya.

Event KPLJ Balikpapan
1. Jadoel’s Night di Waroengkoe, Palm Hills Resto Balikpapan, tanggal 25 April 2014

2. Tribute Dewa 19 di Waroengkoe, Palm Hills Resto Balikpapan, tanggal 2 Mei 2014

3. Enjoy Coustic Tribute Dewa 19, Sheila On 7, Tribute Gigi, Kerispatih di Kopi Nopi Pasar Segar, Balikpapan, tanggal 10 Mei 2014

4. Tribute Dewa 19 di Dandito, tanggal 25 Juni 2014

5. Musik Jadoel Lovers 80’s to 90’s feat Anjar eks AFI di Dandito Bandara -Hakaya Hotel, tanggal 26 September 2014

6. Classic Rock Nite di Waroengkoe, Palm Hills Batakan, tanggal 6 Desember 2014

7. KPLJ Balikpapan saat Pekan Kelistrikan Kaltim (2014)

8. KPLJ Balikpapan event Malam Tahun Baru di Swiss Belhotel Balcony Balikpapan (2014-2015)

9. Event Heavy Metal di D’Music Cafe Samarinda, tanggal 5 April 2015

Penulis: Ade Miranti
Editor: Rita
Artikel ini telah tayang di Tribun Kaltim.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *