Suka Musik Country ? Yuk Gabung dengan Komunitas Bandung Country Music Association

Hidup tanpa alunan musik seperti menikmati sayur tanpa garam.

Rasanya memang seperti ada yang kurang dan terasa hampa.

Hadirnya musik dalam kehidupan sehari-hari selalu memberikan kenangan tanpa disadari.

Misalnya saja ketika mendengar sebuah lagu, Anda akan mengingat bagaimana momen yang pernah terjadi.

Musik juga membantu membangkitkan semangat kembali.

Ketika sedang sedih lalu mendengarkan lirik lagu dan hentakan lagu yang semangat, perubahan suasana hati pun bisa terjadi.

Berbagai jenis musik yang ada di dunia tentu memiliki peminatnya masing-masing.

Mulai dari musik dangdut, jazz, blues, folk, pop, elektronik, country, dan masih banyak lagi.

Maraknya perkembangan musik elektronik saat ini ternyata tak membuat jenis musik lainnya menjadi padam.

Seperti halnya musik country, musik yang dianggap banyak disukai oleh orang yang sudah lanjut usia ini justru masih berkembang dan eksis di Indonesia.

Berbagai komunitas pencinta musik country justru masih antusias membuat lagu-lagu baru dan tampil di berbagai festival.

Begitupun dengan di Bandung yang memiliki komunitas Bandung Country Music Association (BCMA), yaitu komunitas pencinta musik country yang kini tergabung dari beberapa band country.

“Komunitas BCMA berdiri sejak 2016 yang dihuni oleh musisi country dari lintas usia dan lintas genre musik country. Kami memiliki kegiatan rutin tampil di Rumah Nenek setiap Rabu malam,” ujar anggota Komunitas BCMA, M Rochayat saat ditemui di kantornya, Jalan PHH Mustofa No 6, Selasa (14/5/2019).

Selama bulan Ramadan (bukan Ramadhan), Rochayat mengatakan kegiatan tampil di Rumah Nenek dihentikan dahulu dan akan berlanjut di bulan Juni setelah lebaran.

Setiap Rabu malam pukul 19.30-22.30 WIB berbagai lintas usia yang menyukai musik country akan berkumpul dan menikmati lantunan musik yang membuat pendengarnya kembali nostalgia.

Vokalis band Joe Arkansas ini mengatakan jika musik country saat ini sudah dikemas dengan beragam genre sehingga bisa dinikmati berbagai pencinta musik lainnya.

“Bahkan sekarang ada musisi band muda namanya Coboy Dijital mereka bikin lagu sendiri dan memperkenalkan musik country lewat tayangan YouTube. Hal ini membuktikan bahwa generasi masa kini juga menyukai musik yang sebelumnya dianggap tua,” ucapnya.

Ketika tampil di Rumah Nenek, Rochayat mengatakan bersama komunitas BCMA yang hadir disana, pengunjung bisa diskusi soal musik dan belajar soal dance country.

Menumbuhkan kembali kelompok pencinta musik country justru menjadi hal yang unik dan baru ditengah maraknya musik digital saat ini.

 

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Dedy Herdiana
Artikel ini telah tayang di Tribun Jabar.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *