Komunitas Aremania, Wadah Saling Tukar Budaya

Komunitas Fans Club Aremania Pontianak kini bergema mendukung tim Sepakbola Arema yang sudah lama mengharumkan namanya.

Komunitas ini berdiri pada tanggal 15 September 2015. Saat ditemui oleh Tribun Pontianak, Sekretaris dan Publikasi,  Moch Amril Hamzah  menuturkan banyak kenangan dan solidaritas dari dibentuknya komunitas tersebut.

Komunitas Aremania di Pontianak ini terbentuk karena kecintaannya kepada Club Sepak Bola Arema dan kebanyakan dari mereka adalah perantauan yang berasal dari Malang.

“Tujuan kita awalnya membentuk komunitas ini yaitu untuk paguyuban orang-orang Malang yang ada di Pontianak. Kita membentuk wadah untuk saling bersilaturahmi dan kembali memperkenalkan bahasa daerah malang yang dikenal unik,” tutur Amril Hamzah

Sebagai sesama perantau, komunitas Arema ini sudah melakukan banyak aksi dan kegiatan sosial.

Tidak hanya sebagai pendukung sepak bola ‘Arema’, kegiatan yang mereka lakukan juga sering kali memberikan hal positif bagi saudara-saudara setanah air.

“Seperti ada kejadian ataupun bencana, kita akan berkumpul, mengumpulkan dana untuk menolong saudara-saudara kita yang terkena bencana, lalu kita juga ada aksi peduli kepada para anak yatim dan kegiatan ramadan ini kita juga ikut berbagi takjil untuk saling berbagi kebaikan dan pahala,” tambah  Amril Hamzah

Hingga saat ini, sudah lebih dari 100 member yang tergabung menjadi anggota komunitas Aremania.

Uniknya, tidak hanya berasal dari malang, sekitar 40 persen yang bergabung di komunitas tersebut ternyata juga ada yang asli orang Pontianak atau Kalbar.

Tidak memandang suku, ras dan agama, komunitas ini adalah bentuk dan wadah persatuan untuk mendukung tim sepak bola Indonesia.

“Bukan karena kita pendukung lalu kita memecah belah, tetapi kita yang akan menyatukan dari setiap perbedaan,” ungkapnya.

 Amril Hamzah mengatakan bahwa komunitas ini turut serta merangkul para fans Arema Pontianak. Tujuannya adalah untuk saling bertukar informasi dan bertukar budaya. “Banyak yah manfaat nya, kita jadi saling tau Informasi dan budaya di Pontianak dan sekitarnya serta kita juga bisa berbagi informasi dan budaya kita di Malang,” paparnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Artikel ini telah tayang di Tribun Pontianak.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *