Edukasi Sampah Ala Uncle Teebob Di Alun-Alun Bandung

RMOLJabar. Pegiat sosial asal Bandung, Tubagus Zaenal Arifin sudah empat tahun rutin menggelar kegiatan bebersih area Taman Alun-alun Bandung. Apalagi di saat libur panjang seperti libur lebaran di mana pengunjung kerap membludak.

Dibekali trashbag dan sarung tangan, pria yang kerap disapa Uncle Teebob bersama 50 relawan dari berbagai komunitas pecinta lingkungan lainnya turun langsung memunguti sampah di seluruh area taman dan masjid.

Kegiatan yang dinamai ‘Belajar Memungut Sampah’ tersebut telah disosialisasikan via media sosial untuk mengajak para seniman, anggota komunitas dan masyarakat umum untuk turut bantu membersihkan Alun-alun.

Saat ditemui di sela kegiatan bebersihnya, Teebob mengatakan, selama satu setengah jam timnya bekerja, mereka telah berhasil mengumpulkan 100 trashbag yang masing-masing berisi 4-5 kg sampah.

“Selama satu setengah jam kita kerja, sudah dapat dapet 100 trashbag, masing-masing beratnya 4 sampai 5 kg. Jadi kurang lebih dapat 400 sampai 500 kg sampah,” ucapnya, Senin (10/6).

Pria yang juga merupakan pendiri komunitas sosial Sahabat Uncle Teebob tersebut menjelasnkan, nantinya sampah-sampah tersebut diangkut ke TPS bekerjasama dengan PD Kebersihan yang bertugas. Pihak relawan dan PD Kebersihan bergantian kerja selama satu jam.

“Kami kerjasama dengan PD Kebersihan, memang belum dipilah tapi kita coba kumpulkan dulu. Kerjanya bergantian, masing-masing satu jam jadi ada jeda untuk istirahat,” katanya.

Sejak 2015, dia menyebut volume sampah terus bertambah. Selama ini Teebob tidak melihat adanya peningkatan kesadaran warga dalam membuang sampah sesuai aturan. Meski demikian, pihaknya terus berupaya mengedukasi warga dengan memungut sampah yang ada.

Menurutnya, salah satu hal yang paling menghambat pengurangan volume sampah adalah persepsi masyarakat soal sampah dan petugas kebersihan yang dinilai masih salah.

“Mereka berpikirnya buang sampah ada petugas sampah, kasih duit selesai. Padahal sisa-sisa makanan kalau dibiarkan bisa jadi penyakit. Harus dipahami juga petugas sampah itu tugasnya bukan memungut sampah, tapi ngangkut sampah dari tempat sampah ke TPS,” jelasnya.

Dengan membantu memungut sampah, dia berharap kerja para petugas PD Kebersihan dapat terbantu dan sampah yang berserakan di alun-alun dapat tuntas dibersihkan.

Selain itu, Teebob juga mengajak warga-warga Bandung yang tertarik terlibat untuk langsung datang ke taman alun-alun.

“Bagi warga yang mau ikut bergabung bisa langsung datang ke taman alun-alun hari ini sampai pukul 9 malam, trashbag sudah kami siapkan,” tandasnya.

 

Artikel ini disadur dari rmoljabar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *