Komunitas Wisata Jelajahi Air Terjun Alur Gambir

Komunitas Wisata Tuantapa, Aceh Selatan kembali melakukan giat wisata lingkungan. Kali ini mereka melakukan giat ekowisata lingkungan bersama Pemuda Naca ke Air terjun Alur Gambir di Kaki Leuser, Naca, Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan, Minggu (14/7).

Selain berwisata, anggota komunitas juga melakukan penanaman bibit pohon jengkol dan lemon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Naca. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta, termasuk pemuda setempat dengan didampingi oleh personel KPH 6, Idamansyah.

Ketua Umum Komunitas Wisata Tuantapa, Muchsin kepada Serambi, Senin (15/7), menjelaskan, kegiatan itu merupakan rutinitas komunitasnya untuk menjaga lingkungan dan keasrian alam, terutama spot wisata yang ada di Aceh Selatan. “Kami terus berupaya untuk mengeksplore spot wisata alam yang ada agar lebih banyak masyarakat luar tahu betapa indah dan asrinya geografis alam Aceh Selatan,” kata Muchsin.

Dijelaskannya, selain menikmati keindahan Air Terjun Alur Gambir, mereka juga melakukan penanaman tanaman jengkol di bantaran Krueng Naca. “Jadi, sahabat wisata yang hadir hari itu nantinya akan merasa punya kenangan pernah hadir di sini. Kita harapkan pohon yang kita tanam tumbuh subur dan menghasilkan buah,” harapnya.

Ia memaparkan, dalam setiap kegiatannya, komunitas wisata itu punya tagar yang terus mereka galakkan di dalam masyarakat, seperti #Asaku (Ada Sampah Ambil Kumpulkan), sehingga diharapkan lingkungan akan selalu bersih dan sehat.

“Serta tagar #TapotAh (Tanam Pohon Yang Berbuah). Tagar ini sebenarnya dari bahasa Aceh yaitu Tapot Ah (Petik Ah). Artinya, siapa yang menikmati buah dari pohon ini akan terus mengalir pahalanya bagi yang menanamnya,” ucap Muchsin.

Sementara itu, Korlap Kegiatan, Mukhlizar dan Isnizar, mengucapkan terima kasih kepada pemuda setempat yang sudah ikut bersama-sama menyukseskan kegiatan tersebut. “Rute perjalanan ke Air Terjun Gambir sekitar 40 menit jalan kaki dari Krueng Naca,” pungkasnya.(tz)

 

Editor: bakri

Artikel ini telah tayang di serambinews.com

 

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *