Tingkatkan Minat Membaca Bersama Komunitas Perpustakaan Jalanan Subang

Komunitas Perpustakaan Jalanan Subang merupakan sebuah komunitas yang dibentuk oleh anak muda yang peduli akan kurangnya minat baca pada anak-anak.

Komunitas tersebut sudah dibentuk sejak tahun 2016 yang lalu. Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas tersebut, seperti mengadakan diskusi, mengadakan bedah film, dan mengadakan kegiatan lapakan buku yang dilakukan setiap minggu di CFD,

Tujuan dibentuknya komunitas tersebut agar dapat meningkatkan minat membaca pada anak-anak dan menyediakan sebuah fasilitas-fasilitas perpustakaan daerah, yang saat ini kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Pembentukan komunitas tersebut, merupakan salah satu bentuk pengkritikan yang dilakukan oleh anak muda, yang peduli terhadap fenomena kurangnya minat membaca yang saat ini terjadi di masyarakat khusunya pada anak-anak.

“Sebenarnya sih inti dari pembentukan komunitas ini, salah satu bentuk pengkritik kita anak muda atas apa yang telah menjadi fenomena di kalangan masyarakat akan kurangnya minat membaca khususnya pada anak-anak,” ucap Aditya Batistuta Maulana, salah satu penggerak Komunitas Perpustakaan Jalanan Subang, Kamis (18/7/19).

Banyaknya kendala yang dihadapi, tidak dijadikan sebuah hambatan untuk komunitas tersebut dalam melakukan kegiatan. Hambatan yang dihadapi oleh komunitas tersebut seperti kurangnya buku yang tersedia, dan kurangnya sumber daya manusia dalam melakukan kegiatan.

Aditya Batistuta Maulana, berharap agar adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah setempat terhadap komunitas tersebut agar dapat terus berkembang.

“Harapan saya semoga komunitas ini bisa terus berkembang, karena walau bagaimana pun masyarakat butuh untuk sarana membaca, butuh diskusi, butuh literasi, karena menurut saya literasi ini penting untuk sebagai dasar pemikiran dan sebagai ilmu untuk mengetahui segalanya.” Sambungnya. (Fitri Nurjanah)

———

Penulis: Andres Fatubun
Editor : Andres Fatubun

Artikel ini telah tayang di AyoBandung.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *