Gandeng Komunitas ID-Photographer, International Animal Photo Competition (IAPC) 2019 Resmi Dibuka!

Kabar menggembirakan bagi para pecinta fotografi sekaligus pecinta satwa, Taman Safari Indonesia (TSI) resmi membuka International Animal Photo Competition (IAPC) ke-29 pada Sabtu 27 Juli 2019 di Jakarta Aquarium. Tahun ini, TSI menggandeng Canon sebagai sponsor resmi IAPC 2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan ID-Photographer sebagai salah satu komunitas fotografer terbesar di Indonesia.

Menurut Hans Manansang, selaku Deputy Director Taman Safari Indonesia sekaligus ketua penyelenggara, IAPC ini bukan sekedar lomba foto biasa, ada pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat.

“Berdasarkan studi dari Amerika Serikat Michigan State University bahwa dengan melihat foto satwa orang dapat lebih memiliki koneksi batin antara manusia dan satwa. Maka dari itu, melalui kompetisi foto yang menampilkan satwa, diharapkan masyarakat bisa lebih peduli terhadap satwa-satwa yang mulai terancam punah. Apalagi satwa-satwa endemik Indonesia,” tuturnya.

Dalam IAPC 2019 kompetisi dibagi menjadi tiga kategori; TSI, umum dan Instagram bertemakan “Aku dan Satwa”. Kategori TSI untuk hasil foto yang diambil di seluruh area grup TSI seperti Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen, Bali Safari & Marine Park, Batang Dolphins Center, Royal Safari Garden & Resort, serta Jakarta Aquarium. Sedangkan untuk kategori umum, bagi peserta yang melakukan pemotretan stawa di mana pun selain TSI. Khusus kategori instagram peserta diperbolehkan mengambil gambar dengan kamera ponsel.

Dengan total hadiah ratusan juta Rupiah ditambah produk kamera Canon, IAPC 2019 akan berlangsung hingga Oktober 2019 dan akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti workshop fotografi, animal photo hunting dan kegiatan menarik lainnya.

IAPC 2019 akan menyelenggarakan rangkaian roadshow di antaranya, Bali Safari & Marine Park pada 24 Agustus 2019, Taman Safari Bogor pada 15 September 2019 dan Taman Safari Prigen pada 12 Oktober 2019. Kemudian, untuk acara puncaknya (Awarding Day) akan diselenggarakan di Royal Safari Garden Bogor pada 2 November mendatang.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *